top of page

Kolaborasi SDH Manado dan Puskesmas Sario dalam Kegiatan Penjaringan Kesehatan


siswa SMP yang sedang berpartisipasi dalam sesi pemeriksaan tanda vital

Menurut World Health Organization (WHO) sehat adalah suatu keadaan dimana tidak hanya terbebas dari penyakit atau kelemahan, tetapi juga adanya keseimbangan antara fungsi fisik, mental, dan sosial. Sehat merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia karena dengan hidup sehat, setiap orang dapat berperan produktif untuk mencapai tujuan hidup. Tubuh yang sehat dan bugar dapat mencegah tubuh terserang penyakit sehingga kita dapat tetap menjalankan aktifitas sehari-hari dengan kondisi optimal.


Kesehatan perlu untuk dijaga sejak dari dini. Maka dari itu, pada bulan Agustus-September 2023, Sekolah Dian Harapan Manado bersama dengan Puskesmas Sario - mitra dalam meningkatkan kualitas kesehatan komunitas sekolah - mengadakan Penjaringan Kesehatan (health screening) kepada siswa kelas 1 SD, 7 SMP dan 10 SMA. Penjaringan kesehatan di dua bulan ini diikuti oleh 111 siswa kelas 1 SD, 108 siswa kelas 7 SMP dan 67 siswa kelas 10 SMA. Kegiatan ini dilaksanakan di masing-masing kelas dengan melibatkan beberapa tenaga kesehatan profesional seperti Dokter, Perawat, Dokter Gigi, Analis dan Ahli Gizi.


Penjaringan Kesehatan Anak Sekolah (skrining) adalah salah satu bentuk dari pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi dini siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin serta tersedianya data atau informasi untuk menilai perkembangan kesehatan peserta didik. Adapun pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan berat badan, tinggi badan, pemeriksaan tanda vital, pemeriksaan telinga, pemeriksaan mulut dan gigi dan pemeriksaan Hb untuk siswa remaja perempuan. Pada kesempatan ini juga siswa remaja perempuan mendapatkan tablet tambah darah yang bertujuan untuk mencegah anemia.



Selain bertujuan untuk mendeteksi dini masalah kesehatan yang dapat mengganggu proses belajar dan tumbuh kembang anak, kegiatan ini juga menunjukkan kredibilitas SDH Manado dalam menjaga dan mempertahankan kualitas kesehatan siswa/i dari usia anak hingga remaja. Pelayanan penjaringan kesehatan merupakan program tahunan rutin dari bagian Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) bersama puskesmas Sario kepada siswa baru kelas 1 SD, 7 SMP dan 10 SMA.


Harapannya dengan kegiatan penjaringan kesehatan, SDH Manado dapat menjadi lingkungan yang tidak hanya memprioritaskan mutu pendidikan dan karakter siswa, tapi juga kualitas kesehatan dan tumbuh kembang siswa.


0 comments
bottom of page