PELAKSANAAN STUDENT LED CONFERENCE 2021 DI SDH JEMBER


Tidak terasa sudah hampir 1 tahun seluruh siswa di Indonesia melaksanakan pembelajaran secara online. Tentunya banyak sekali perubahan yang harus dirasakan oleh guru maupun siswa baik dari metode pembelajaran yang digunakan, interaksi di dalam kelas, regulasi pemberian materi, cara pengambilan nilai, dan yang lainnya. Dalam masa pandemi ini, guru serta siswa juga pastinya memiliki pergumulan dan tantangannya masing-masing. Hal ini tentunya bukan hal yang mudah karena pada dasarnya kita semua belum pernah mengalami kondisi seperti ini sebelumnya.


Begitu juga ketika merayakan proses perkembangan anak dalam bidang akademis atau yang biasa disebut dengan SLC (Student Led Conference). SLC adalah program yang dilaksanakan oleh Sekolah Dian Harapan setiap tahunnya untuk merayakan hasil pembelajaran siswa selama satu tahun. Selama satu tahun melaksanakan pembelajaran, tentunya sudah banyak sekali momen dan aktivitas pembelajaran yang dilalui oleh guru, siswa, dan juga kerja sama dan dukungan dari orang tua di dalamnya. Oleh karena itu, melalui Student Led Conference ini siswa akan mempresentasikan hasil pembelajaran yang sudah mereka dapatkan kepada orang tua mereka masing-masing.





Student Led Conference (SLC) yang diadakan oleh Sekolah Dian Harapan Jember pada tanggal 9-10 Maret 2021 dilaksanakan secara online. Walaupun dilaksanakan secara online, namun hal itu tidak mengurangi esensi dari Student Led Conference itu sendiri. Seperti yang sudah kita ketahui, Student Led Conference merupakan sarana dimana siswa dapat mempertanggungjawabkan pembelajaran yang sudah mereka dapatkan. Selain itu, Student Led Conference juga dapat menjadi sarana dimana orang tua dan siswa dapat melakukan face to face connection. Disisi lain, Student Led Conference adalah media untuk siswa, orang tua, dan guru dapat melakukan visio divina.



Guru-guru di SDH Jember juga tentunya tidak membiarkan siswa untuk mempersiapkan segala sesuatu untuk Student Led Conference sendiri tanpa bimbingan. Namun dari jauh-jauh hari, guru bekerja sama dengan orang tua untuk membantu, membimbing, dan mengarahkan siswa untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Meskipun guru dan siswa tidak dapat bertemu secara langsung, akan tetapi semangat dan antusias dari siswa dalam mengikuti Student Led Conference menjadi suka cita tersendiri bagi para guru. Terlebih setelah acara Student Led Conference usai, banyak sekali respon positif yang dari siswa dan orang tua. Kiranya untuk tahun-tahun selanjutnya, Student Led Conference yang diadakan akan terus membawa dampak yang baik bagi siswa, orang tua, guru dan sekolah serta mampu mendorong siswa untuk terus berkreasi dan berinovasi.







47 views0 comments

Recent Posts

See All

Integritas dalam Era Globalisasi

Dampak globalisasi terhadap dunia pendidikan paling tidak terlihat dalam 2 perubahan mendasar dalam dunia pendidikan. Pertama, globalisasi menjadikan pendidikan sebagai komoditas dan komersil. Pemikir