• SDH Manado *FD

Doing Something Out of The Ordinary

Perayaan Paskah dan Hari Bumi SDH Manado tahun 2020 dilaksanakan dengan cara berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Perayaan Paskah dilaksanakan untuk menghayati karya keselamatan Allah melalui Yesus Kristus atas manusia dan ciptaan-Nya. Perayaan Hari Bumi adalah respons iman kita atas karya keselamatan yang telah Kristus berikan dengan memelihara alam yang telah dianugrahkan-Nya. Di tengah-tengah kondisi pandemik Covid-19 saat ini, mendorong sekolah untuk menampilkan sesuatu yang berbeda dari biasanya dari tahun-tahun sebelumnya. Penyesuaian dengan kondisi saat ini di mana dilakukan pembelajaran dari rumah, membuat sekolah secara kreatif dan berinovasi menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang menarik dan tetap memberikan pembelajaran yang berarti bagi siswa melalui kegiatan yang dilakukan. Perayaan ini mengajak seluruh anggota komunitas SDH Manado dan masyarakat luas menghayati Paskah dan Hari Bumi dengan mata tetap tertuju pada esensi sesungguhnya dari kegiatan ini yaitu Sang Penebus Sejati.


Tema yang diangkat dalam pelaksanaan kegiatan Paskah dan Hari Bumi SDH Manado tahun 2020 adalah “Making Peace Through HIS Blood” berdasarkan Kolose 1:20 “dan oleh Dialah Ia memperdamaikan  segala sesuatu dengan diri-Nya , baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian  oleh darah salib Kristus”, yang dilaksanakan 6 April – 22 April 2020 untuk murid TK s.d. SMA. Kegiatan untuk murid TK dan SD adalah devosi serta membuat jurnal ketaatan dan sayembara. Devosi dilakukan secara online oleh murid dengan menggunakan video interaktif yang dibawakan oleh para guru. Jurnal ketaatan merupakan bentuk aplikasi nyata dari devosi yang telah dilakukan setiap murid. Sayembara dilakukan dengan tujuan untuk melatih research skill siswa dalam menganalisis kegiatan kecil yang berdampak besar untuk kesehatan.


Hasil Lifestyle Journal Siswa

Untuk kegiatan murid SMP dan SMA adalah devosi serta membuat lifestyle journal dan kampanye. Devosi dilakukan dengan berbagai variasi bentuk pelaksanaan seperti teleconfrence online bersama HRT, mengisi pertanyaan refleksi melalui form online dan berdoa bersama dengan teleconfrence online. Lifestyle journal dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan hidup murid dalam mengorganisir aktivitasnya sehari-hari. Kampanye penanggulangan Covid-19 dengan membuat video dilakukan untuk meningkatkan research skill murid dalam mengumpulkan data dan mengidentifikasi data tersebut serta meningkatkan kreativitas siswa dalam membuat video. Setiap kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk mengarahkan siswa meresponi keadaan pandemik Covid-19 dengan lebih bijak serta untuk mengimbau orang lain tetap melakukan prosedur penanggulangan Covid-19 sesuai arahan pemerintah. Kegiatan ini juga mengajak siswa untuk tetap kreatif melakukan setiap kegiatan ini dan mengajak siswa untuk menggunakan teknologi sebagai wadah berbagi hal positif bagi orang lain. Setiap elemen yang terkait dalam pelaksanaan kegiatan ini saling berkolaborasi satu dengan yang lain untuk berjalannya dan tercapainya tujuan setiap kegiatan yang dilakukan.

Kampanye Siswa tentang Penanggulangan Covid-19

Melalui setiap kegiatan ini seluruh anggota komunitas semakin menyadari, semakin bertanggung jawab dan bertumbuh dalam meresponi keadaan yang dihadapi ditengah-tengah pandemik Covid-19 dengan lebih bijak. Kegiatan ini juga membagikan manfaat kepada masyarakat luas ketika hasil karya siswa selama kegiatan ini dibagikan melalui media sosial kepada khalayak umum.


Berikut beberapa refleksi siswa berdasarkan keseluruhan kegiatan yang dilakukan.

“Saya merenungkan bagaimana besar kasih yang bisa saya rasakan dari Tuhan sebagai buah pendamaian yang dilakukan oleh Yesus Kristus di kayu salib. Sebuah wujud atas bagaimana Allah benar-benar mengasihi manusia dan tidak menginginkan manusia agar binasa” “Saya menyadari apa yang ternyata saya lakukan dengan salah selama ini, dan merasa terdorong untuk mengubahnya” “Saya bisa lebih menyadari kegiatan yang saya lakukan dalam keseharian saya dan saya bisa berpikir dengan baik apabila semua kegiatan yang saya lakukan tersebut baik atau salah sehingga saya bisa lebih mengintrospeksi diri dan memperbaiki segala kesalahan dalam kehidupan saya dan berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama” “Saya lebih banyak waktu dengan Tuhan” “Disiplin, berpikir kritis, dan meningkatkan rasa syukur serta perhatian bagi lingkungan sekitar” “Skill dalam menyusun konsep, saya rasa penyusunan konsep dalam video ini membuat saya lebih kreatif dan berpikiran terbuka”

Sangat bersyukur bahwa melalui setiap proses kegiatan ini Sang Penebus dan karya penebusan-Nya selalu menjadi yang utama dalam segala aspek pelaksanaan kegiatan ini untuk seluruh komunitas SDH Manado serta membawa sukacita dan berkat bagi orang lain.

Terima kasih.


Panitia: Marsuri Juningsih Moningka

13 views
Copyright  ©  2020 Dian Harapan School