top of page

Kurikulum Cambridge di Sekolah Dian Harapan Makassar dengan Lulusan Pertama di tahun 2028

Updated: Feb 13, 2023


Saat ini, eksposure internasional di lingkungan pendidikan membuka kesempatan luas bagi murid-murid dapat melanjutkan pendidikan di luar negeri dengan kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Penggunaan Bahasa Inggris dalam berkomunikasi dan kesempatan mempelajari Bahasa Inggris dengan baik dan benar sangat dicari orangtua terutama saat orang tua mencari sekolah. Hal ini juga menjadi perhatian Sekolah Dian Harapan (SDH), khususnya di SDH Makassar.


Sekolah Dian Harapan memiliki 14 unit sekolah yang ada di seluruh Indonesia. SDH Makassar merupakan salah satu unit SDH yang dibangun sejak tahun 2003 berlokasi di Tanjung Bunga, Makassar. Jumlah murid SDH Makassar setiap tahunnya berkisar 1000 orang dan semakin meningkat dari tahun ke tahun. Peningkatan jumlah yang baik ini memberi indikasi adanya kebutuhan. Yang menjadi perhatian SDH Makassar adalah pembelajaran dengan eksposure internasional dan kemampuan berbahasa Inggris.


Tahun ajaran 2022-2023 adalah saat awal SDH Makassar menerapkan kurikulum Cambridge Internasional. SDH Makassar mendapat persetujuan dari Cambridge International Examination Officer sebagai salah Cambridge School di bulan Juni 2022. Kurikulum Cambridge Internasional sendiri memiliki program Cambridge Primary (jenjang usia TK-SD), Lower Secondary (Jenjang SMP) dan Level A (jenjang SMA). Saat ini, SDH Makassar memulai penerapan kurikulum Cambridge pada jenjang SD dan SMP di tiga mata pelajaran utama yaitu English, Mathematics dan Science.


Pelaksanaan kurikulum Cambridge di SDH Makassar direncanakan dalam 3 fase dengan tahapan sebagai berikut:


  • Fase Pertama. Tahun ajaran 2022 - 2023.

Kurikulum Cambridge diterapkan di jenjang kelas SD dan SMP, kelas 1 SD dan kelas 7 SMP untuk tiga mata pelajaran utama Matematika, Sains dan Bahasa Inggris.


  • Fase Kedua. Tahun kedua, tahun ajaran 2023 - 2024

Kurikulum Cambridge akan dilakukan di jenjang SD kelas 1,2 dan 4 serta di jenjang SMP di kelas 7 dan 8.


  • Fase Ketiga, tahun ajaran 2024 - 2025.

Kurikulum Cambridge akan diterapkan di semua di jenjang SD (Sekolah Dasar) dan SMP (Sekolah Menengah Pertama). Jenjang SMP akan memiliki fokus di tujuh Subjek IGCSE Exam seperti Bahasa Inggris, Matematika dan Sains, Global Perpsectives untuk jenjang kelas 10. Di tahun ajaran 2026-2027 hingga 2027-2028, SDH Makassar menargetkan bahwa semua jenjang kelas dari SD-SMA telah menerapkan kurikulum Cambridge dan akan melahirkan lulusan Cambridge angkatan pertama.


SDH Makassar dengan kurikulum Cambridge yang telah dilaksanakan sejak tanggal 1 Juli 2022 diharapkan memberi kesempatan bagi anak didik untuk secara intensional berbahasa Inggris di semua mata pelajaran dan siap melanjutkan pendidikan berorientasi internasional, baik di Indonesia maupun di luar negeri. SDH Makassar berharap bahwa penerapan kurikulum Cambridge ini menjadi tolak ukur unit SDH yang lain terus bertumbuh dan berinovasi menjawab perkembangan kebutuhan pembelajaran abad 21.

0 comments
bottom of page