"Melayani Sesama Seperti Melayani Kristus" - MSL SDH Cikarang
top of page

"Melayani Sesama Seperti Melayani Kristus" - MSL SDH Cikarang

“Melakukan kebaikan adalah tugas terluhur dari tiap manusia”- Sophocles


Sesungguh-nya, ada banyak kesempatan melakukan kebaikan setiap harinya yang bisa kita lakukan untuk menolong sesama. Dengan berbuat baik, tentu akan membuat hidup kita lebih bahagia dan mendatangkan kebahagiaan juga buat orang lain.


Demikianlah yang sudah dilakukan oleh siswa Sekolah Dian Harapan Lippo Cikarang beberapa waklu lalu, hingga akhir bulan ini, yakni dengan melakukan kegiatan MSL yang membantu siswa-siswinya melakukan tugas terluhurnya.


Dengan program kegiatan MSL atau Mission Service Learning diharapkan para siswa menunjukkan sikap sebagai pelayanan yang baik sebagai ciptaan Tuhan.


Kegiatan ini juga dilakukan dengan menggunakan setiap potensi dan talenta yang dimiliki oleh setiap siswa didiknya serta target yang ingin dituju, contoh mudahnya seperti bermain dengan sukacita dan berbagi pembelajaran kepada adek kelasnya ataupun berbagi hal-hal sederhana kepada ojek-ojek online di sekitar sekolah.


Tentunya, SDH Lippo Cikarang pun merancang kegiatan seperti ini dengan melihat bagaimana banyak hal-hal positif yang bisa didapatkan oleh peserta didiknya. Dari program yang direncanakan, diharapkan bisa menjadi wadah agar murid-muridnya bisa bertumbuh bersama dengan menunjukkan sikap peduli kepada sesama dan merasakan keterlibatan secara langsung bersama komunitas untuk menyatakan keutamaan Kristus dalam kehidupannya sesuai dengan visi-misi sekolah.


Banyak hal yang sebelumnya tentu dipersiapkan untuk melakukan kegiatan ini agar bisa berjalan dengan baik. Bagaimana MSL tahun ini dilakukan secara berkelompok bersama para anggota squad Boys Brigade masing-masing. Hal yang berbeda dengan MSL tahun-tahun sebelumnya, biasanya dilakukan bersama teman-teman sekelas.


Nah, sekarang MSL dilakukan oleh penggabungan dari beberapas squad BB. Dari 29 squad yang ada, maka kami dibagi menjadi 12 kelompok pelayanan dengan target yang berbeda-beda. Ada dari pengemudi ojek online, pedagang kaki lima, tukang sapu, hingga panti asuhan di sekitaran Cikarang.


Dalam kegiatan MSL ini pula, siswa-siswi SDH Lippo Cikarang tentu berupaya lebih mengenal satu sama lain. Kegiatan diskusi yang dilaksanakan tiap minggunya, membuat kami berlatih untuk bekerja sama dalam sebuah kelompok untuk mencapai tujuan dari visi-misi yang harus dilaksanakan. Tidak hanya itu, dalam perencanaan MSL ini pun kami berlatih untuk merancang sebuah kegiatan dari awal hingga akhirnya seperti apa, sehingga membuat kami turut aktif dalam proses kegiatannya.


Mission Service Learning SDH Cikarang

Dari hal perencanaan, lalu diskusi kelanjutan dari target pelayanan, dan bagaimana masing-masing dari kelompok yang ada sama-sama mencari dana untuk keperluan MSL dengan berbagai kegiatan yang mereka lakukan, seperti fundraising dimana mereka menjual makanan kepada teman-teman satu sekolah ataupun seperti dengan mengumpulkan bantuan seperti baju, celana, buku yang tentunya masih layak pakai.


Dalam hari pelaksanaan yang dilakukan pada Rabu, 15 Maret 2023 kemarin, banyak aktivitas yang dilakukan. Salah satunya, Kelompok kami yaitu gabungan squad 3, 24, dan 27 yang dimana target pelayanannya kepada Panti Asuhan Anak Berkat.


Kami pun melakukan kegiatan mulai dari makan bersama, mendengarkan firman Tuhan, hingga melakukan banyak permainan yang dilakukan secara berkelompok.



Dari permainan-permainan yang diadakan ini akan melatih kekompakan, selain itu pula permainan yang kami rancang pun menyelipkan beberapa materi dari kegiatan Boys Brigade selama dua semester ini, seperti tebak gambar ataupun mewarnai yang tentunya masih ada tema Kristusnya. Kami juga berbagi sedikit atas hal yang kami punya. Sembako serta uang tunai sebagai bentuk kasih, yang diharapkan menjadi berkat bagi mereka.


Pada akhir kegiatan, kami mendengarkan penampilan Panti Asuhan Anak Berkat yang memuji nama Tuhan melalui lagu pujian, serta membagikan kesan yang mereka dapat selama kegiatan berlangsung. Itu membuat acara ini ditutup dengan rasa haru.


Tentu kami sangat bahagia ketika melihat secara langsung kebahagiaan yang terpancar dari wajah Anak Berkat dari awal hingga akhir acara, serta bagaimana anggota MSL Kelompok kami ini juga bersemangat dalam melayani sesama.


Banyak kenangan yang dibawa pulang oleh para anggota kelompok kami selama kegiataan MSL yang berlangsung. Baik dari proses diskusi hingga kegiatan berlangsung. Pembelajaran dan pengalaman baru untuk terus bersyukur atas hal apa yang dipunya dan juga tentunya pengalaman untuk melayani Tuhan dengan melayani sesama.


Penulis : Nirvana Frenti | Siswa SMA 12 IPS SDH Cikarang, Peserta ekstrakurikuler ”Blogger Club” SDH Cikarang.

bottom of page