top of page

Membangun Karakter Tangguh dan Kreatif dengan Program MSL di SDH Cikarang


Membangun Karakter Tangguh dan Kreatif dengan Program MSL di SDH Cikarang

Halo teman-teman semua, kali ini saya mau menyampaikan tentang program MSL yang telah berlangsung di sekolah saya.


Sebelum saya lanjut, kalian sudah tahu belum apa itu MSL?


MSL merupakan singkatan dari ‘Mission Service Learning’. Ini adalah program yang diadakan sekolah untuk membantu dan mendukung orang-orang yang membutuhkan. Melalui program ini diharapkan untuk menunjukkan kasih Tuhan kepada semua orang. Serta dapat mempelajari sesuatu makna dari program tersebut.


Nantinya, dalam beberapa tim (squad), kami akan berpencar untuk membantu orang-orang. Lokasinya tentu berbeda-beda, ada yang jauh dan ada yang dekat. Perlu saya beritahukan, bahwa ini adalah salah satu kegiatan dari ekstrakulikuler BB atau ‘Boys Brigade’ (Putra Pengabdi).


Untuk proses perancangannya telah dilakukan beberapa kali pertemuan, dibutuhkan kerja sama dan komunikasi yang baik sebagai satu tim. Oleh karena itu, di program ini masukkan sangatlah dibutuhkan.


Pertama, kita harus paham dengan betul tempat yang kita tuju dan orang yang kita akan ditemui. Hal itu akan dimudahkan untuk membuat proposalnya, mulai dari cari dana, hal-hal yang kita akan berikan, aktivitas yang dilakukan, dan yang lainnya.


Untuk dana, beberapa kelompok atau squad melakukan yang namanya ‘Fundraising’. Bagi yang tidak melakukan ‘Fundraising’, mereka hanya mengumpulkan dana kasih dari masing-masing anggota squad. Biaya dana per orang itu tergantung dengan hal-hal yang diberikan.


Tapi, bagi yang melakukan ‘Fundraising’ mereka akan mengumpulkan dana dengan cara melakukan pencarian dana. Ada yang menjual makanan atau minuman yang dilakukan bersama squadnya. Menurut saya kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat seru. Tetapi untuk squad saya sendiri, tidak melakukan pencarian dana, cukup dengan sumbungan kasih.


Jika para guru sudah memberi waktu untuk melakukan ‘Fundraising’, semua murid diperbolehkan keluar dari ruangan kelas untuk menjual atau membeli makanan-makanan yang sudah disediakan. Hal ini mungkin adalah bagian MSL yang paling ditunggu kebanyakan murid.


Lalu, untuk aktivitas yang kita akan lakukan, itu dipilih berdasarkan materi BB. Contohnya ada fire drill, rambu-rambu lalu lintas, you are what you eat, dan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Pemilihan dari topik BB itu tergantung orang-orang yang kita akan kunjungi. Untuk squad saya, topik utama yang kita fokuskan adalah pola hidup bersih dan sehat.


Kita memilih topik itu karena orang yang kita tuju adalah staf kolam renang yang tidak jauh dari sekolah. Awalnya, squad saya mendapat tukang sapu disekitar lingkungan sekolah saja, tetapi ada perubahan rencana.


Selain materi pola hidup bersih dan sehat, kita juga telah menyediakan semacam quiz tentang pengetahuan umum untuk dilakukan bersama-sama nantinya.


Setelah beberapa hari mempersiapakan untuk MSL, tibalah harinya. Kita semua kumpul di satu ruangan kelas dan langsung pergi ke lokasi dengan cara jalan kaki. Setelah sampai kita masuk ke dalam area dekat kolam renang. Sesi pertama pun dimulai tidak lama setelah kami sampai.


Sesi pertama yang kita rencanakan adalah quiz tentang pengetahuan umum. Kita dibagi ke dalam tim-tim dan menjawab bersama staf di tim tersebut. Jika berhasil menjawab, stafnya boleh memilih cemilan yang kita sudah beli sebelum masuk ke area dekat kolam renang.


Selesai bermain quiz bersama, kita lanjut ke presentasi tentang pola hidup bersih dan sehat. Presentasi yang diadakan kedua kelompok bersifat interaktif, jadi seperti mengobrol dengan para staf. Staf yang bekerja di tempat kolam renang ini sangat aktif dan itu membuat suasana seru.


Acara terkahir kita melakukan senam irama, lalu berfoto bersama dan membagikan sembako yang kita sudah sediakan. Setelah mengucapkan selamat tinggal kepada staf-stafnya, kita semua kembali lagi ke sekolah. Kesimpulannya adalah menurut saya, kegiatan yang saya dan tim saya telah lalui adalah kegiatan yang seru dan bermanfaat.


Sekian dengan apa yang ingin saya sampaikan tentang program MSL yang saya telah lalui, semoga bermanfaat, ya!


Penulis: Kayla Anastasia | Siswi Kelas X IPS SMA Dian Harapan Cikarang, Anggota Ekskul Blogger Club


bottom of page