• Vania Ivena

Parents Teacher Conference SDH Jember







“Dengan kuasa Allah yang giat bekerja di dalam diri kita, Allah dapat melakukan jauh lebih banyak daripada apa yang dapat kita minta atau pikirkan” – Efesus 3:20 (BIS)


Ayat diatas mewakili atas betapa besar pekerjaan yang sudah Allah nyatakan terhadap komunitas SDH Jember. Menjalani pembelajaran jarak jauh adalah hal yang menantang, bukan hanya dari segi penyampaian materi pembelajaran, komunikasi, namun juga dari sistem penilaian. Namun, sungguh hanya karena berkat kuasa Allah yang bekerja dalam setiap pribadi di SDH Jember, pada bulan lalu kami bisa melaksanakan Narrative Report dengan baik.


Narrative report kali ini terasa berbeda. Biasanya orang tua mendapat laporan dari proses pembelajaran siswa selama quarter pertama yang sebagian besar didapat dari observasi dan penilaian dari guru. Namun, untuk narrative report kali ini, justru orang tua mendapatkan porsi observasi proses pembelajaran yang lebih besar, sedangkan guru hanya mengobservasi dari apa yang terlihat pada pembelajaran online.


Keterbatasan yang ada bukan menjadi penghalang untuk guru dapat mengobservasi siswa. Meski dalam prakteknya tidak mudah, namun dalam narrative report kali ini justru kami dapat melihat bahwa keterbatasan ini memberikan kesempatan lebih bagi orang tua sebagai pendidik utama untuk mendapatkan pengalaman dalam mendidik anak secara langsung. Dalam keterbatasan yang ada, kami, orang tua dan guru dapat melihat dan menghargai peran kami masing-masing serta sungguh merasakan bahwa kami tidak bisa melakukan pembelajaran tanpa bantuan satu sama lain.


Bersyukur untuk kerendahan hati dari para orang tua yang tak henti-hentinya menopang guru-guru dan siswa ditengah kesibukan yang ada. Semangat dan ketekunan orang tua pun menjadi suntikan semangat bagi para guru yang juga berjuang dengan segala tanggung jawab yang ada. Sungguh, jika bukan karen Tuhan yang memberikan keteguhan, kekuatan, serta hati yang mau saling menopang satu sama lain, rasanya sulit bagi para guru untuk dapat melakukan pembelajaran online atau bahkan melakukan penilaian.



Mendapatkan support dari orang tua dalam masa yang tidak mudah seperti ini menunjukkan betapa Tuhan setia pada kita. Jika bukan Tuhan yang terus bekerja di dalam diri kita masing-masing adalah suatu kemustahilan kita dapat menjalani pembelajaran hingga di penghujung tahun ini. Sungguh, semua hal yang kita capai, miliki, nikmati hingga saat ini adalah hadiah yang jauh melampaui apapun yang pernah kita pikirkan saat mengawali pembelajaran jarak jauh ini.


Mungkin kita semua masih belum mengetahui sampai sejauh mana masa pandemi ini akan berlangsung, namun Allah yang memberikan kita kekuatan hingga saat ini adalah Allah yang sama yang akan terus dengan giat bekerja dalam diri kita untuk melakukan perkara yang besar dalam hidup kita.



Kiranya kita bersama dapat terus saling menopang dan menaruh pengharapan di dalam Yesus Kristus seorang. Soli deo Gloria!

Recent Posts

See All

Integritas dalam Era Globalisasi

Dampak globalisasi terhadap dunia pendidikan paling tidak terlihat dalam 2 perubahan mendasar dalam dunia pendidikan. Pertama, globalisasi menjadikan pendidikan sebagai komoditas dan komersil. Pemikir

Copyright  ©  2020 Dian Harapan School