top of page

PENGENALAN DIRI: Retreat Siswa 2022 SDH Lippo Village



Program kegiatan retreat siswa merupakan perwujudan dari profil lulusan SDH butir pertama dan ketiga, yaitu hubungan yang bertumbuh dengan Allah Tritunggal melalui Yesus Kristus dengan menunjukkan kepekaan pada kebutuhan, pendapat, dan keprihatinan orang lain dengan tetap berpegang pada prinsip Alkitabiah yang diyakini.  


Mengenal Tuhan dalam bentuk suatu hubungan “Aku dan Tuhan”, menyatakan bahwa Tuhan adalah milik manusia dan manusia adalah milik Tuhan, karena manusia tahu kehendak Tuhan. Pengenalan akan Tuhan menuntut langkah manusia untuk berjalan dengan terus bergantung pada Tuhan, karena manusia adalah ciptaan-Nya dan hidup untuk kemuliaan nama-Nya. Bila manusia hidup dipenuhi oleh rencana Tuhan maka manusia akan mendapatkan damai sejahtera.  


Tema kegiatan setiap tahun disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan tujuan retreat itu sendiri. Retreat adalah program sekolah untuk siswa kelas 7 dan 10. Hari pertama kegiatan retreat kelas 7 dilakukan secara hybrid dan di hari kedua, retreat dilakukan secara virtual sesuai arahan pemerintah terkait gelombang ketiga pandemi C19. Retreat kelas 10 yang dilakukan setelahnya, dilaksanakan secara virtual meski juga sudah direncanakan secara hybrid.




RETREAT GRADE 7  

Retreat tahun ini diadakan pada 25-26 Januari 2022 dan mengusung tema Reality Universe Versus Metaverse dengan didasari oleh ayat rujukan dari Kolose 1:16. Tema ini dipilih karena adanya kebutuhan siswa grade 7 untuk mengenal diri mereka sebagai gambar dan rupa Allah di dunia nyata dan virtual serta dampaknya terhadap komunitas di dunia nyata dan virtual. Materi retreat dibagi menjadi 4 bagian, yaitu God’s Design (panggilan awal), Knowing God, Knowing Myself (pengenalan diri yang benar), Growing in Christ (bertumbuh dalam Kristus dan memberitakan anugerah-Nya), Be a Blessing My Community (hidup menjadi berkat). Dengan mengikuti kegiatan ini, seluruh siswa diharapkan dapat bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan komunitas, serta memproklamasikan Kristus di dunia nyata maupun virtual, sehingga mengalami pertumbuhan dalam pengenalan akan Allah di dalam menjalani kehidupan di dalam Tuhan Yesus Kristus melalui kepekaannya terhadap komunitas. 



RETREAT GRADE 10 

Retreat grade 10 yang diadakan pada 27 – 28 Januari 2022 bertemakan The Passion to Thrive. Tema ini didasari pada tulisan Paulus dalam 1 Korintus 9: 24 – 26a. Tahun ini, tema kegiatan Retreat berpusat pada kebutuhan siswa grade 10, yaitu mengenai pengenalan diri sebagai gambar dan rupa Allah serta membangun kepekaan untuk menghormati dan menghargai sesama ciptaan. Kegiatan retreat dibagi ke dalam dua bagian, yaitu pertumbuhan iman dan jasmani, dan pertumbuhan iman dan panggilannya. Mereka berdiskusi dengan arahan yang tepat dan melakukan permainan bersama. Melalui retreat ini diharapkan para siswa dapat memahami betapa pentingnya keselamatan di dalam Yesus Kristus, menerima anugerah keselamatan, dan meresponi anugerah tersebut dan mempersembahkan hidup bagi-Nya.




bottom of page