top of page

Peringatan Hari Kemerdekaan RI tahun 2023 - SDH Holland Village Manado


"Bersama-sama merayakan kemerdekaan Indonesia yang penuh makna! 🇮🇩 #HariKemerdekaan #BanggaMenjadiIndonesia"

Peringatan hari Kemerdekaan RI tahun 2023 oleh seluruh civitas Sekolah Dian Harapan Holland Village Manado diadakan dengan tujuan agar seluruh civitas Sekolah Dian Harapan Holland Village dapat menyadari pentingnya persatuan dalam upaya untuk membangun Indonesia menjadi terus melaju untuk pulih dan bangkit pasca pandemi. Hal ini diharapkan dapat mendukung proses tercapainya profil sekolah dan profil lulusan Sekolah Dian Harapan, yaitu memimpin murid untuk memahami bahwa Kristus adalah yang terutama dalam seluruh aspek kehidupan, menumbuhkan rasa bangga yang sehat akan pentingnya identitas, sejarah, bahasa dan budaya Indonesia yang beragam serta menunjukkan penghargaan yang mendalam untuk Indonesia, budaya dan bangsa, dengan komitmen untuk melayani dan meningkatkan segala aspek dalam masyarakat.


Sesuai dengan tema yang ditetapkan oleh pemerintah maka tema perayaan HUT RI SDH Holland Village Manado tahun 2023 adalah “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju" dan sambil merenungkan ayat yang terdapat dalam Yeremia 29:7, “Usahakanlah kesejahteraan kota kemana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu untuk kepada Tuhan, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu”.


Nabi Yeremia menulis surat untuk bangsa Israel yang saat itu sedang dalam pembuangan di Babel. Umumnya kita berpikir jika dalam pembuangan tidak ada hal yang bisa kita lakukan selain pasrah dengan keadaan dan tidak berbuat sesuatu. Namun tidak demikian jika menurut Firman Tuhan, meskipun bangsa Israel ada dalam pembuangan, Tuhan ingin mereka bertindak aktif dan mengupayakan kesejahteraan kota dimana tempat mereka tinggal karena kesejahteraan mereka tergantung dari kesejahteraan kota dimana mereka diami.


Kita tinggal di Indonesia, negara yang memiliki banyak penduduk dan sumber daya yang ada, negara yang penuh dengan keindahan alam. Namun tentunya ada permasalahan yang juga terjadi di bangsa kita, belum lama ini Indonesia bangkit dari keterpurukan karena permasalahan Covid-19 yang berdampak besar bagi masyarakatnya baik dalam perekonomian negara sampai pada kesehatan seluruh warga Indonesia. Sebagaimana logo angka 78 pada 78 tahun Indonesia Merdeka ini, dimana pada angka 8 terdapat garis yang menunjukkan tongkat estafet, seiring tema “Terus Melaju, Untuk Indonesia Maju”, warga Indonesia diajak untuk terus saling meneruskan tongkat perjuangan, tekun berlari sekuat tenaga dan memberikan dorongan satu dengan yang lain untuk berjuang bersama mengisi masa pasca pandemic untuk kemajuan negara Indonesia yang lebih baik.



Sebagai satu komunitas di dalam Kristus, kita bertanggung jawab untuk berdoa dan mengusahakan kesejahteraan kota dimana kita tinggal sekarang, harus menyatakan dengan iman dan mendeklarasikan kuasa Tuhan dinyatakan atas negara ini. Dengan tema kemerdekaan tahun ini yaitu “Terus Melaju, Untuk Indonesia Maju” menggambarkan konsep keberlanjutan pembangunan, semangat estafet, tanggung jawab bersama, gotong royong dan semangat untuk menuju Indonedia maju berlandaskan Pancasila, membuat kita makin semangat membawa Indonesia menjadi bangsa yang lebih hebat lagi.


Rangkaian kegiatan dalam perayaan HUT kemerdekaan RI tahun 2023 di Sekolah Dian Harapan Holland Village selama tanggal 17-18 Agustus, adalah Upacara bendera, ibadah Bersama, lomba cipta dan baca puisi, menyanyi, estafet tradisional, mewarnai, memindahkan bendera, menyusun puzzle, membawa kelereng dalam sendok, penampilan busana dengan tema kemerdekaan, berpacu dalam Melodi, makan kerupuk, memasukkan paku ke dalam botol, memindahkan air.


bottom of page