top of page

SDH Holland Village Student Orientation Days 2022


Sejak pandemi covid-19 melanda seluruh belahan bumi termasuk di dalamnya Indonesia, mengakibatkan hampir semua prasarana dibatasi bahkan ditutup. Sekolah menjadi salah satu prasarana yang tidak diperbolehkan beroperasi secara langsung. Hal ini tentunya berdampak signifikan bagi komunitas sekolah, yaitu guru, murid, dan bahkan orang tua murid. Namun, setelah kondisi mulai dapat dikendalikan pemerintah kemudian mengambil kebijakan agar Sekolah dapat kembali beroperasi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan agar kasus covid-19 dapat tetap terkendali.


Sekolah Dian Harapan Holland Village termasuk salah satu sekolah yang telah kembali beroperasi normal, namun tetap ketat mematuhi protokol kesehatan yang diberlakukan bagi seluruh komunitas sekolah. Di tahun ajaran baru, yaitu tahun ajaran 2022/2023 Sekolah Dian Harapan Holland Village mengawali kegiatan yang melibatkan seluruh siswa dan guru dengan tujuan untuk menyambut para murid kembali ke sekolah setelah melewati masa pembelajaran jarak jauh yang cukup panjang dialami oleh para murid bahkan guru.



Di setiap sekolah pada umumnya, ketika memasuki tahun ajaran baru merancang sebuah kegiatan yang biasa dikenal dengan istilah MOS atau Masa Orientasi Siswa. Adapun kegiatan ini dibuat sesuai dengan kebijakan masing-masing sekolah. Kegiatan MOS merupakan kegiatan sekolah yang bertujuan untuk memperkenalkan siswa mengenal lingkungan dan komunitas sekolah, serta berinteraksi dengan komunitas sekolah, yakni guru, murid, dan semua yang termasuk dalam komunitas sekolah. MOS menjadi salah satu kegiatan sekolah di awal tahun ajaran yang dinantikan oleh para murid dan guru, karena menjadi momen pertemuan, pengenalan lingkungan sekolah dan komunitas sekolah.


Sekolah Dian Harapan Holland Village juga mengadakan kegiatan ini sebagai kegiatan awal tahun ajaran untuk menyambut seluruh siswa-siswi baik yang baru maupun yang lama. Kegiatan masa orientasi siswa di Sekolah Dian Harapan Holland Village dikenal dengan istilah SOD atau Student Orientation Day. Kegiatan ini pun memiliki tujuan agar para siswa-siswi yang baru maupun lama dapat kembali mengenal lingkungan sekolah dan komunitas, setelah masa liburan akhir semester yang cukup panjang.

Kegiatan SOD Sekolah Dian Harapan Holland Village khususnya di Departemen Senior diadakan selama tiga hari sejak tanggal 25-27 Juli 2022. Adapun kegiatan SOD dirancang bagi seluruh siswa-siswi SDH HV yang dibagi atas 2 kelompok, yaitu kelompok siswa baru yang dikenal dengan istilah New Student dan siswa lama yang dikenal dengan istilah Existing Student. Beberapa jenis kegiatan SOD yang berlangsung selama 3 hari, yaitu pengenalan visi misi dan tema sekolah yang diperuntukan bagi seluruh siswa-siswi baik new maupun existing, struktrur kurikulum dan penilaian, shalom community, learning style, penggunaan Moodle dan Teams sebagai media belajar bagi para siswa, serta siswa diberikan sesi untuk dapat lebih mengembangkan kemampun matematika dan bahasa Inggris mereka.


Komunitas SDH HV mensyukuri atas penyertaan dan pertolongan TUHAN selama proses SOD berlangsung, sehingga kegiatan dapat terlaksana dan berjalan dengan baik. Harapannya bagi para siswa-siswi baik baru maupun lama, dapat mengimplementasikan materi yang diberikan sebagai bekal mereka untuk dapat terus belajar, berproses, serta mengembangkan kemampuan diri mereka untuk menjadi berkat bagi sesama di manapun mereka berada.

bottom of page