top of page

SMP Dian Harapan Manado Berbagi Praktik Baik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka


Peserta Kegiatan Studi Tiru Bersama Guru dan Pengurus OSIS

Sebagai salah satu Sekolah Penggerak Angkatan Pertama, SMP Dian Harapan Manado telah aktif berperan dalam menerapkan Kurikulum Merdeka dan mengembangkan berbagai praktik yang dapat menjadi teladan bagi sekolah lain. Pada tanggal 17 Oktober 2023, SMP Negeri Momalia Bolaang Mongondow Selatan mengunjungi SMP Dian Harapan Manado dalam rangkaian kegiatan Studi Tiru, dengan tujuan membangun kolaborasi dan memperoleh praktik baik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, yang telah berlangsung selama dua tahun di SMP Dian Harapan Manado. Dengan berbagi pengetahuan dan pengalaman, peserta dari kedua sekolah diharapkan dapat menjalin hubungan yang kuat dan saling mendukung dalam upaya menerapkan Kurikulum Merdeka.


Kegiatan dimulai dengan doa oleh Bapak Pipit Ointu, S.Pd, dan diikuti oleh sambutan dari berbagai pihak, termasuk Ibu Grace Sondakh, S.Pd., M.Pd., selaku Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Manado, Ibu Zuleha Djibu Husein, S.Pd. selaku Kepala SMP Negeri Momalia, Bapak Zulkarnain Kamaru, S.Ag. selaku Ketua Alumni SMP Negeri Momalia yang juga merupakan Ketua Komisi 2 DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, dan Ibu Lisa, B.Sc., S.Pd., selaku Kepala SMP Dian Harapan Manado.


Selanjutnya, kegiatan berfokus pada berbagi praktik baik terkait implementasi Kurikulum Merdeka. Guru, tenaga kependidikan, dan pengurus OSIS dari kedua sekolah turut serta dalam kegiatan ini. SMP Dian Harapan Manado, didampingi oleh Pengawas Bina, Dra. Clara Dein Lumenta, M.Si., memfasilitasi diskusi dengan membagi kelompok sesuai dengan topik diskusi meliputi Program Kepala Sekolah, Kurikulum, Program Kesiswaan, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Perpustakaan, UKS, Pengelolaan Sarana dan Prasarana serta Bimbingan Konseling. Salah satu praktik baik yang dibagikan adalah pengaturan jadwal pembelajaran murid untuk intrakurikuler dan P5, termasuk hasil evaluasi kelebihan dan kekurangan dari pengaturan jadwal sistem blok mingguan dan harian yang sudah dilaksanakan 2 tahun ini.



Kegiatan ini tidak hanya memberikan kesempatan untuk mengamati praktik terbaik yang telah terbukti efektif, tetapi juga mendorong para peserta untuk merancang langkah-langkah konkret dalam upaya perubahan. Semua peserta diharapkan dapat menjelajahi dan mengevaluasi bagaimana Kurikulum Merdeka dapat diadaptasi dan diterapkan sesuai dengan konteks unik masing-masing sekolah. Semoga pengalaman praktik baik yang telah dijalankan oleh SMP Dian Harapan Manado dapat memberikan inspirasi bagi sekolah-sekolah lain, terutama bagi SMP Negeri Momalia Bolaang Mongondow Selatan. Tuhan memberkati.



0 comments

Comments