top of page

Student Led Conference - Sekolah Dian Harapan Bogor



Kami menyebutnya perayaan. Setelah sembilan bulan masa pembelajaran di tahun ajaran ini, siswa-siswi TK-SMA melaksanakan kegiatan SLC (Student Led Conference). Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk asesmen yang dilaksanakan di Sekolah Dian Harapan dalam model presentasi dengan menampilkan portfolio. Asesmen portfolio tersebut berupa hasil dari pemahaman, evaluasi, dan refleksi siswa dari pembelajaran yang telah diterima. Portfolio berisi koleksi pekerjaan murid yang dikumpulkan secara sistematis, bertujuan, dan bermakna yang disesuaikan dengan jenjang kelas murid.


Kegiatan SLC di SDH Bogor berlangsung selama dua hari, yakni di hari Kamis - Jumat, 10-11 Maret 2022. Setiap siswa dibagi ke dalam jadwal yang telah ditentukan untuk masing-masing presentasi yang berlangsung selama 20 menit pembelajaran. Orang Tua sebagai audience akan mengikuti kegiatan tersebut secara langsung.


Selama masa online learning ini, SLC menjadi salah satu kegiatan yang dilaksanakan secara online, sehingga siswa dapat mempresentasikan portfolio mereka dalam bentuk PowerPoint dan membagikannya pada layar setiap audience yang mengikuti kegiatan tersebut. Selain daripada presentasi hasil pembelajaran, siswa juga dapat memimpin audience untuk bermain games interaktif yang dapat dimainkan secara online.


Bertanggung jawab terhadap setiap pembelajaran yang telah diterima, menghargai setiap proses pembelajaran, menyadari dan mau memperbaiki setiap kekurangan maupun kesulitan belajar pribadi, serta berfikir kreatif menjadi beberapa tujuan dari pelaksanaan SLC ini. Dari tahap persiapan hingga pelaksanaan, siswa juga dapat menyadari pola kinerja mereka dalam menyelesaikan tugas yang mereka kerjakan tentunya dengan umpan balik yang diterima dari orang tua sebagai audience dan guru sebagai fasilitator.


Tidak terasa sudah tiga kuarter dilewati dengan penuh perjuangan selama proses pembelajaran baik oleh guru sebagai pengajar maupun siswa sebagai pelajar. Masih akan ada beberapa perayaan atas keberhasilan belajar yang akan dilewati. Semoga setiap usaha tersebut dapat terus mendukung proses belajar setiap siswa-siswi kami dalam menjalani proses pembelajaran holistis.

bottom of page