• Vania Ivena

Teacher's Testimony - Home Based Learning SDH Jember

Updated: Aug 3

Home-based Learning adalah kegiatan belajar di rumah yang tidak pernah saya pikirkan akan saya jalani sebelumnya. Sebagai seorang guru pastinya saya akan lebih senang mengajar secara langsung di kelas saya sendiri, betatap muka dengan siswa-siswi. Sejak kegiatan home-based learning dimulai, saya setiap hari harus memikirian bagaimana caranya siswa-siswi saya bisa mengerti pembelajaran yang akan saya sampaikan walaupun belajar secara online dari jarak jauh. Ada begitu banyak pertanyaan dari siswa dan orang tua di satu minggu pertama home-based learning di jalankan. Situasi seperti itu membuat saya gentar dan selalu bertanya dalam hati dan bergumul kapan keadaan bisa kembali seperti semula dan kegiatan belajar bisa berjalan seperti sedia kala. Di masa-masa saya bergumul, saya menyadari bahwa Tuhan tidak meninggalkan saya, Ia menyediakan saya komunitas dan media yang membantu saya dalam melaksanakan kegiatan. Tuhan memberikan saya komunitas yang selalu membantu saya dan memberikan ide-ide untuk pembelajaran sehingga siswa-siswi saya bisa lebih menikmati pembelajaran online dari jarak jauh. Tuhan juga menyediakan media-media yang memudahkan saya untuk berkomunikasi dengan siswa-siswi saya secara jarak jauh yang sekolah gunakan yaitu Microsoft Teams.

Grade 3 - SDH Jember

Hanya karena kemurahan Tuhan, kegiatan home-based learning bisa berjalan dengan baik. Siswa-siswi bisa mengerti materi-materi pembelajaran walaupun mereka belajar dari rumah. Saya juga bersyukur untuk orang tua yang sudah bersedia untuk terus berkoordinasi dengan sekolah dan membentu siswa-siswi kami dalam melaksanakan kegiatan home-based learning. Sucakita saya semakin melimpah ketika melihat siswa-siswi TK Sekolah Dian Harapan Jember yang bisa lulus dan siswa-siswi SD dan SMP yang bisa naik kelas walaupun melakukan pembelajaran dari rumah. Melalui kegiatan home-based learning ini saya semakin percaya bahwa Tuhan akan selalu menolong dan menyediakan hal-hal yang terbaik untuk kita, jika kita tetap berserah dan mau meminta pertolongan Tuhan. Kiranya seluruh unit Sekolah Dian Harapan di 12 tempat lainnya tetap bisa terus memberikan pelayanan maksimal dalam kegiatan home-based learning.





Author : Vania Ivena R




70 views

Recent Posts

See All

Integritas dalam Era Globalisasi

Dampak globalisasi terhadap dunia pendidikan paling tidak terlihat dalam 2 perubahan mendasar dalam dunia pendidikan. Pertama, globalisasi menjadikan pendidikan sebagai komoditas dan komersil. Pemikir

Copyright  ©  2020 Dian Harapan School