• rickyyakobuskota

ACARA HUT KEMERDEKAAN RI SDH LUBUKLINGGAU

Puji syukur kami naikkan kepada Allah Bapa, untuk kemurahan dan kasih karunia-Nya yang begitu besar pada Bangsa Indonesia. 75 tahun lamanya bangsa yang besar ini telah merdeka dari penjajahan. Hingga saat ini, tuntunan dan anugerah-Nya selalu menyertai setiap proses jatuh bangun Bangsa ini. Meskipun perayaan sebagai ungkapan rasa syukur atas penyertaan Tuhan kepada Bangsa Indonesia tahun ini sedikit berbeda dan terbatas, komunitas SDH Lubuklinggau tetap menyambutnya dengan penuh sukacita. Oleh karena itu, dalam rangka memperingati HUT RI ke-75, SDH Lubuklinggau mengadakan beberapa rangkaian acara secara virtual pada 21 Agustus 2020, pukul 08.00-12.00. Rangkaian acara ini diikuti oleh seluruh murid SDH Lubuklinggau (Grade K2-12) yang antusias menggunakan pakaian bernuansa kemerdekaan dengan warna merah atau putih.


Acara HUT RI ini dibagi menjadi tiga kategori kelas, yaitu SD kecil (Gr. K2-2), SD besar (Gr.3-6), dan Senior (SMP-SMA). Setiap kategori kelas memiliki perlombaannya masing-masing diantaranya:


  • SD Kecil: Menyanyi, Kolase, Mewarnai, Busana Kepahlawanan

  • SD Besar: Menyanyi, Pidato, Membaca puisi, Menggambar, Ranking 1

  • Senior: Desain, Pidato, Membaca puisi, Cerita rakyat, Ranking 1, Semarak Kemerdekaan

Setiap kategori kelas tersebut, panitia membagi perlombaan menjadi dua bagian yaitu lomba wajib dan lomba pilihan. Untuk lomba wajib pada kategori SD kecil terdapat lomba busana kepahlawanan, untuk SD Besar dan Senior lomba wajib yang harus diikuti oleh semua siswanya adalah lomba Ranking 1. Sedangkan untuk lomba pilihan setiap peserta akan mendaftarkan dirinya kepada wali kelasnya masing-masing dengan ketentuan setiap murid hanya boleh memilih satu perlombaan. Adapun teknis pelaksanaannya, setiap perlombaan menggunakan Microsoft Teams, dimana setiap peserta bergabung ke dalam ruang chat yang sudah dibuatkan oleh setiap PiC lomba.

Selain lomba per masing-masing kategori kelas, SDH Lubuklinggau juga mengadakan lomba virtual yang dapat diikuti oleh semua siswa, yaitu diantaranya cooking challenge dan ekspresikan kemerdekaanmu untuk kategori SD kecil, sedangkan untuk SD besar dan senior lomba virtualnya adalah ekspresikan kemerdekaanmu.


Acara HUT Kemerdekaan RI ini diawali dengan kegiatan chapel siswa yang dilakukan secara live dan diikuti oleh seluruh siswa per masing-masing kategori. Setelah selesai, semua siswa mengikuti perlombaan sesuai dengan waktu masing-masing perlombaan yang sudah ditentukan, dan hasil dari setiap perlombaan yang sudah dilakukan oleh peserta juga dikirimkan ke Instagram sebagai salah satu penilaian favorit. Di akhir acara kegiatan, panitia melakukan penilaian terhadap setiap hasil yang sudah diberikan atau dilakukan oleh setiap peserta, dimana setiap perlombaan akan terdapat satu pemenang berdasarkan keputusan panitia dan satu pemenang favorit berdasarkan jumlah like terbanyak yang didapatkan oleh peserta sampai dengan waktu yang sudah ditentukan. Pengumuman pemenang dilakukan melalui Instagram dan para pemenang mendapatkan sertifikat dan piala.


Kami bersyukur acara ini dapat terlaksana dengan baik dan antusias dari siswa dan orang tua yang luar biasa mendukung acara ini. Walaupun dari rumah tidak menghalangi mereka untuk mengekpresikan kemederkaan. Masih banyak hal yang harus diperbaiki dari sistem acara Virtual ini tapi tidak mengurangi semangat kami untuk tetap mengisi kemerdekaan. Salam merdeka!


Berikut dokumentasi selama kegiatan berlangsung



Copyright  ©  2020 Dian Harapan School