top of page

Mengambil Tema TALENT for Christ BOOK WEEK 2024: Junior School digelar pada tgl 26 Februari – 1 Maret 2024



BOOK WEEK

Sebagai pengikut Tuhan Yesus Kristus, kita perlu rajin membaca. Mengapa? Isi hati Tuhan telah dinyatakan dalam Alkitab. Jika kita malas membaca, bagaimana kita bisa memiliki waktu personal bersama Tuhan dengan membaca dan menggali Firman-NYA. Uniknya, Alkitab yang kita miliki saat ini sangat kaya akan literasi. Isinya tertulis dalam berbagai bentuk: narasi, surat, bahkan puisi. Maka, meningkatkan literasi akan memperlengkapi kita dalam memahami isi Firman Tuhan.


Salah satu momen yang diadakan SD Dian Harapan Daan Mogot untuk meningkatkan minat membaca dan kemampuan literasi adalah BOOK WEEK. BOOK WEEK tahun ini mengambil tema To Accelerate Literacy Empower Narration Thoroughly for CHRIST, disingkat menjadi TALENT for Christ. Pelaksanaannya dari 26 Februari – 1 Maret.


Buku bacaan wajib tahun ini mengisahkan biografi seorang seniman terkenal, MICHELANGELO. Walaupun dia adalah seniman terkemuka, Michelangelo memiliki gangguan perkembangan berupa sindrom asperger dan radang sendi yang membuatnya merasakan sakit pada tangan dan kakinya. Namun, karena kejeniusannya dalam bidang seni, Michelangelo disebut “maestronya seniman”. Jadi ingat, walaupun kita memiliki keterbatasan, kita pasti bisa dipakai Tuhan menjadi berkat bagi sesama.


Banyak kegiatan yang dilakukan selama BOOK WEEK. Pertama, DEAR TIME, adalah kegiatan membaca yang dilakukan dua kali setiap hari oleh semua murid dan guru. Berlangsung pada pukul 07.30 dan saat sesi English selama 15 menit. Mereka boleh membaca buku kesukaan mereka. Kegiatan Kedua, TEACHER READ ALOUD. Di sini, guru-guru akan membacakan cerita tentang kehidupan Michelangelo sejak kecil sampai besar beserta proses dia menghasilkan karya-karya yang luar biasa. Kegiatan Ketiga, BUDDY READING, adalah kegiatan membaca cerita yang dilakukan oleh murid kelas besar kepada murid kelas kecil. Kegiatan ini juga dapat membangun komunikasi sosial antar murid kelas besar dengan kelas kecil. Pada saat kegiatan BUDDY READING ini, murid-murid mengenakan piyama dan membawa atribut yang mendukung seperti sandal kamar, boneka, bantal dll. Kegiatan keempat, WORKSHOP: WRITING a SHORT STORY & STORY TELLING. Hasil workshop ini dilombakan secara internal.





Di BOOK WEEK ini, sekolah juga mengadakan BOOK FAIR yang bekerja sama dengan beberapa penerbit atau supplier buku. Para murid, guru, staf dan orang tua dapat mengunjungi BOOK FAIR selama 4 hari (08.00 – 16.00). Selain BOOK FAIR, murid juga didorong untuk melakukan BOOK DONATION dengan memberikan buku-buku bekas/baru yang berkualitas untuk membantu sekolah-sekolah lain yang membutuhkan.


COSTUME DAY menjadi penutup pekan BOOK WEEK. Anak-anak antusias mengenakan kostum tokoh yang mereka suka. Ada yang mengenakan Baju Lab untuk merujuk ilmuwan dalam kisah Frankenstein. Ada yang memoles dirinya benar-benar mirip dengan tokoh Cruella de Vil dalam kisah 101 Dalmatians. Ada juga yang mengenakan daily suit tokoh terkenal masa kini Elon Musk.


Kiranya kegiatan BOOK WEEK semakin memacu minat baca dan meningkatkan kemampuan literasi anak SD Dian Harapan Daan Mogot.

0 comments

Commentaires


bottom of page