top of page

Daerahku Kebanggaanku: "Fieldtrip Kebudaayaan Sulawesi Utara" - SDH Manado


Beragam aktivitas pembelajaran dilakukan dalam unit ini guna merangsang antusias murid-murid untuk mengeksplorasi kekayaan alam dan kreativitas produk lokal ekonomi kreatif Sulawesi Utara.

Salah satu tema pembelajaran di kelas 5 adalah “Daerahku Kebangganku!”. Beragam aktivitas pembelajaran dilakukan dalam unit ini guna merangsang antusias murid-murid untuk mengeksplorasi kekayaan alam dan kreativitas produk lokal ekonomi kreatif Sulawesi Utara. Beberapa aktivitas tersebut seperti Field trip ke tempat kebuadayaan Sulawesi Utara, mempresentasikan salah satu ekonomi kreatif di Manadao, hingga pameran produk kebudayaan Sulawesi Utara yang dibuat sendiri oleh murid. Field trip dilaksanakan apda Senin, 28 November 2022 di Pusat Kebudayaan Sulawesi Utara Pa’dior. Secara spesik, tujuan dilaksanakannya filed trip ini adalah sebagai berikut:


  1. Mempekenalkan secara langsung warisan budaya Sulawesi Utara.

  2. Murid mengeksplorasi “Manguni” sebagai ikon asli Minahasa.

  3. Murid mengeksplorasi tarian, kesenian, alat musik, pakaian adat, alat-alat keseharian yang merupakan warisan budaya Sulawesi Utara.

  4. Murid mengeksplorasi motif-motif dan cara pembuatan Kain Pinawetengan yang merupakan warisan budaya Sulawesi Utara.

  5. Murid mengikuti penyuluhan terkait bahaya Narkoba di Wale Anti Narkoba.

  6. Murid mendapatkan inspirasi untuk membuat produk ekonomi kreatif (proyek sumatif) sebagai upaya menjaga warisan budaya Sulawesi Utara

Murid-murid kelas 5 sangat antusias dalam mempersiapkan, mengikuti, dan mempertanggung jawabkan kegiatan ini. Saat di lokasi, murid-murid dibagi ke dalam beberapa tim untuk melakukan observasi, pengamatan dan wawancara yang diarahkan oleh guru di tim masing-masing. Setiap hasil pengamatan dituliskan dalam lembar kerja yang telah disediakan, kemudian digunakan sebagai bahan inspirasi mereka untuk mengerjakan produk sumatif. Kegiatan ini juga merupakan interdisiplin dari 4 mata pelajaran yaitu IPAS, Pancasila, Bahasa Indonesia, dan Seni Rupa. Seragam yang dipakai oleh murid saat field trip merupakan hasil karya yang mereka gambar secara mandiri di kelas Seni Rupa. Hal ini semakin menambah antusias mereka dalam mengikuti kegiatan ini.



Kegiatan field trip ini menolong murid-murid untuk melihat, memahami, dan menghidupi bahwa Allah merancang manusia untuk saling berhubungan dan bergantung satu dengan lainnya dalam sebuah sistem (budaya dan ekonomi) yang luas yang saling bekerjasama dan mendukung. Allah menopang seluruh sistem kehidupan (budaya dan ekonomi) di dunia ini sehingga segalanya dapat berjalan sesuai kehendakNya. Kebudayaan juga adalah anugerah Allah yang harus kita kembangkan untuk memuliakan Dia.

0 comments
bottom of page