top of page

Kegiatan Hari Ayah “A Day with My Dad” – SDH Manado



orangtua dan anak memahami bahwa fokus tanggungjawab ayah adalah mencari nafkah bagi keluarga

Pada kuartal 2 di unit 2, murid kelas 1 belajar tentang ”Sejarah Keluargaku ada di Tangan Allah.” Murid diperlengkapi dengan pemahaman sepanjang hayat bahwa Allah memelihara keberlangsungan keluarga untuk menggenapi rencana-Nya.


Fenomena saat ini, orangtua dan anak memahami bahwa fokus tanggungjawab ayah adalah mencari nafkah bagi keluarga. Tugas ayah bukan hanya sebatas mencari nafkah, namun berperan sebagai kepala keluarga dan bertanggungjawab sebagai pendidik, pemimpin dan teladan dalam seluruh aspek kehidupan keluarga (Batee & Gulo, 2023). Hal ini menjadi kesempatan bagi kami untuk memulihkan pemaham mengenai peran, serta relasi antara ayah dan anak dalam keluarga.


Pada tanggal 12 November 2023 diperingati sebagai Hari Ayah Nasional (A day with my Dad). Sekolah Dasar Dian Harapan Manado mulai mencoba integrasikan event di dalam rancangan pembelajaran. Kami menggunakan kesempatan ini untuk mengundang ayah memaknai dan merayakan hari ayah di sekolah pada Jumat, 17 November 2023. Dengan kondisi khusus, seperti: ayah sudah meninggal, bekerja di luar kota atau negeri, kami melibatkan paman atau opa sebagai anggota keluarga besar, atau mama untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.


Adapun susunan kegiatan hari ayah, seperti: ayah membacakan buku untuk anak, lomba mengancing kemeja ayah dan talent show, membuat gantungan kunci, melakukan dan mengisi refleksi, anak melayani ayah menyiapkan makanan, silent time dan comission session (ayah mendoakan anak).



Kiranya melalui kegiatan ini, ayah dan anak dapat memahami peran dan tanggungjawab, serta membangun kerja sama dalam keluarga. Selain itu, penting juga untuk diingat bahwa semua anggota keluarga harus saling mendukung dan mendoakan satu sama lain dalam melakukan peran dan tanggungjawab di dalam keluarga. Tuhan Yesus memberkati dan memampukan keluarga Kristen untuk menjadi saksi dalam menggenapi rencana-Nya.


Penulis: Endah Mamangkey (Homeroom Teacher Grade 1A)

0 comments
bottom of page