Memperkaya skill musik murid sejak dini, Sekolah adakan pembelajaran Sound Design & Music Production - SDH Daan Mogot
top of page

Memperkaya skill musik murid sejak dini, Sekolah adakan pembelajaran Sound Design & Music Production - SDH Daan Mogot



 pembelajaran sound design & music production

Dalam rangka memfasilitasi bakat musik murid, Sekolah mengadakan pembelajaran sound design & music production sebagai salah satu pilihan vokasi yang dapat diambil di kelas 11. Berfokus pada pengembangan keterampilan dalam mendesain suara dan produksi musik dengan menggunakan software DAW Reaper. 37 murid dari Grade 11 bergabung untuk mengikuti kelas tersebut sejak Agustus 2023 lalu.

 

Pelatihan sound design mencakup aspek-aspek seperti pembuatan efek suara, rekaman, mixing, dan pengolahan suara. Para siswa dibimbing untuk mengkreasikan berbagai suara melalui efek plugin yang tersedia di software.


Sementara pelatihan music production, murid dibimbing untuk pengenalan reaper, meliputi cara komposisi musik, aransemen, mixing, dan mastering. Dengan diperkaya pengetahuan ini, murid diharapkan mampu menghasilkan musik yang lebih berkualitas tinggi sesuai genre yang diminati.


 pembelajaran sound design & music production

Pengasuh Program Sound Design & Music Production ini sendiri adalah Bapak Kevin Leonardo, dosen UPH yang memiliki latar belakang dan pengalaman yang luas dalam industri musik dan produksi audio. Di kampusnya, beliau juga mengajar Digital Audio Technology, Hearing Esssence, Recording Techniques, Music Aesthetics, Live Sound, etc. Beliau juga didampingi Bapak Rocky Irvano Nanlohy, dosen UPH yang mengajar Music for Films, Solfeggio, Instrumentation and Composition. Dari SDH sendiri, guru vokal Bapak Agus Santosa berfungsi sebagai fasilitator.

 

Secara rinci kegiatan vokasi sound design & music production ini terbagi dalam 2 semester,

Semester 1:
  • Pengenalan sound dan DAW serta berlatih menggunakan Reaper untuk menggabungkan beberapa track yang tersedia, sehingga menjadi satu kesatuan karya sederhana yang utuh

  • Bootcamp di UPH, untuk pengenalan alat-alat yang biasa dipakai untuk Music Production, serta recording satu band untuk sebagai contoh produksi musik.

Semester 2:
  • Belajar produksi musik dari nol dengan menggunakan Reaper serta plugin-plugin gratis yang bisa dipakai.

  • Membuat musik/jingle iklan sederhana.

Kita doakan pembelajaran ini dapat memperluas wawasan para murid dalam mengembangkan bakat musik mereka.

 

 

 

0 comments
bottom of page