Ada Apa di Pekan Buku SDH Holland Village 2023?
top of page

Ada Apa di Pekan Buku SDH Holland Village 2023?


Pekan Buku SDH Holland Village 2023

Pernahkah pembaca sekalian membaca buku Sang Pangeran dan Orang Miskin? Sebuah novel terjemahan populer karya Mark Twain. SDH Holland Village serentak membahas buku tersebut untuk menunjang pengembangan literasi warga sekolah terutama murid. Menariknya, novel tersebut mengemas dengan sistematis informasi dan nilai yang begitu krusial bagi kehidupan siswa dan guru.


Penasaran dengan alur ceritanya? Jadi, dalam buku Sang Pangeran dan Orang Miskin, menceritakan kisah dua tokoh laki-laki bernama Pangeran Edward dan Tom Canty yang miskin. Mark Twain mengisahkan kehidupan dalam kerajaan dan di jalanan pada abad 16. Tom Canty tumbuh menjadi anak pengemis dan penuh imajinasi seolah-olah dirinya adalah Pangeran. Permasalahan mulai menegangkan ketika Tom Canty dan Pangeran Wales bertemu lalu mereka bertukar.


Setelah memahami secara mendalam alur cerita dalam novel tersebut, lahirlah tema Pekan Buku 2023 “Penampilanmu tidak menentukan nilai dirimu. Nilai dirimu menentukan misimu”. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan budaya literasi di komunitas SDH Holland Village, menuntun siswa mengenali nilai dirinya di dalam Kristus dan menjalankan misi Allah di dalam kehidupannya. Melalui tema tersebut sejalan dengan tugas orang percaya dalam memandang dirinya sendiri maupun sesama manusia (2 Korintus 5:16-17;20).



Kegiatan Pekan Buku diadakan pada tanggal 6-17 Februari 2023 dan dibagi dalam dua jenis kegiatan yakni selama week days dan culminating day pada hari Jumat 17 Februari. Berikut adalah rangkaian kegiatannya.


Membaca Nyaring


Pada 6-17 Februari 2023, guru membacakan buku “Sang Pangeran dan Si Miskin” kepada seluruh siswa di kelas. Kegiatan ini dilakukan selama 20 menit setelah break time dan 20 menit setelah lunch. Setelah mendengarkan guru, siswa akan mengisi reading response. Murid TK dan kelas1-2, mereka akan mendengarkan bacaan buku tersebut dalam versi big book.


Book Fair dan Donasi Buku 


Selama Pekan Buku berlangsung, terdapat penjualan buku-buku dari toko buku Gramedia, Lembaga Alkitab Indonesia dan Penerbit Andi. Selain itu, murid juga mendonasikan buku edukasi sesuai dengan kriteria tertentu untuk disalurkan kepada orang yang membutuhkan.


Webinar Pekan Buku


Para murid senior departemen (SMP-SMA) mengikuti seminar pekan buku yang dibawakan oleh 2 narasumber pada tanggal 15-16 Februari. Sesi pertama membahas judul “Nilaiku: Bejana Allah yang Berharga” tentang bagaimana siswa/i dan juga guru semakin memahami dan sadar akan nilai dirinya yang berharga di mata Allah. Webinar kedua membahas judul “Dia yang Mengutus, Dia yang Memperlengkapi” tentang bagaimana manusia sebagai utusan Allah telah memahami nilai dirinya yang berharga di mata Allah, berperan penting dalam proses manusia menjalankan misi Allah (memberitakan injil) ke banyak orang.


Puncak Acara Pekan Buku


Untuk memeriahkan kegiatan puncak acara, seluruh warga SDH Holland Village mengenakan kostum nuansa kerajaan Inggris. Menampilkan pameran tiap kelas SMP dan SMA. Selain itu, diadakan beberapa lomba yakni lomba membaca puisi, membuat storyboard menceritakan kembali isi cerita dan lomba kostum. Terakhir, kegiatan tersebut dimeriahkan oleh penampilan drama dan dance yang dibawakan oleh murid-murid SDH Holland Village.


Melalui rangkaian kegiatan yang dikemas menarik tersebut, SDH Holland Village hendak membangun komunitas sekolah untuk menunjukkan kasih Kristus terhadap sesama manusia tanpa memandang penampilan maupun status sosial orang lain. Sebab Kristus mengajarkan bahwa nilai diri kita adalah baik dan berharga di dalamNya. Nilai diri kita juga akan mempengaruhi apa yang menjadi misi kita di dunia ini.

bottom of page