top of page

Christ's Missionaries "Activity Week" at SDH Holland Village

Halo HVers!


Puji Tuhan, di tahun ini SDH Holland Village kembali menyelengarakan Activity Week secara onsite. Activity Week terdiri dari tiga bentuk kegiatan, yaitu retreat, enrichment class, dan higher education preparation. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 31 Oktober – 4 November 2022.



Kegiatan retreat yang diikuti oleh murid kelas VII dan X, mengambil tema Christ’s Missionaries yang sejalan dengan tema sekolah tahun ini yaitu Be Ambassadors for Christ. Melalui kegiatan ini, murid akan dibekali dengan berbagai aktivitas dan materi terkait bagaimana hidup menjadi seorang murid Kristus sehingga dapat menjadi utusan-utusan Kristus serta menjadi berkat bagi orang lain. Selama kegiatan ini, ada beberapa topik yang disampaikan yaitu Who am I? Do I need to pay my salvation? Faith or feeling? Does bible still relate? – Lectio Divina, Who is our strength? Am I glorifying God? serta terdapat aktivitas yang seru seperti funtime, dudu, KTB (kelompok tumbuh bersama), dan di akhir akan ditutup dengan exhibition.


Kegiatan enrichment class diikuti oleh murid kelas VIII, IX, dan XI. Kegiatan ini terdiri dari sebelas kelas di dalamnya yaitu, Apps Android Programming, Graphic Design, Public Speaking, English, Make Up Artist, Bahasa Korea, Entrepreneur, Cooking, Content Creator, Writing, dan Dance. Enrichment class bertujuan sebagai wadah untuk murid dapat mengembangkan dengan lebih intens kemampuan atau minat dengan mendapatkan pengetahuan yang baru dan pengalaman yang berujung pada proyek yang nantinya akan ditampilkan saat exhibition, sebagai bentuk pertanggungjawaban dari apa yang dipelajari. Misalnya, cooking class yang mendapatkan kesempatan untuk belajar bersama Chef Degan dan Chef Adi – MasterChef serta menyajikan berbagai jenis makanan yang bervariasi di booth cooking class, sehingga mengundang murid lainnya untuk berkunjung menikmati hidangan yang disajikan. Adapun dance dan make up class yang berkolaborasi untuk menampilkan sebuah tarian modern dan hasil riasan kepada seluruh komunitas SDH Holland Village.


Khusus untuk kegiatan higher education preparation, diikuti oleh murid kelas XII dengan tujuan untuk membantu mereka dalam melakukan persiapan secara matang ke jenjang yang lebih tinggi. Selain itu, murid juga dapat menentukan pilihan karir yang sesuai dengan panggilan yang Tuhan sudah sediakan bagi setiap murid. Kegiatan ini juga diharapkan dapat membantu murid mengenali jenis-jenis peluang karir sesuai dengan talenta dan panggilan yang Tuhan berikan serta menggunakannya untuk mempertimbangkan pilihan karir yang akan diambil di jenjang pendidikan selanjutnya. Adapun program kegiatan yang dilaksanakan adalah webinar series, workshop, talkshow karir, alumni sharing, presentasi universitas, dan kampus expo. Kemudian, diakhiri dengan exhibition berupa pohon karir IPA dan IPS.


Ketiga bentuk kegiatan yang dipersiapkan dan dirancang dengan matang, sehingga menjadi sarana bagi para murid untuk diperlengkapi dengan berbagai informasi dan pengalaman yang dibagikan oleh para ahli di bidangnya. Dengan adanya kegiatan ini, meninggalkan kesan di hati setiap murid terlihat dari refleksi yang dituliskan mengenai rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang terjalin antara jenjang kelas yang berbeda, menciptakan interaksi serta menjalin relasi yang baik antar sesama.



Pada saat acara puncak activity week di hari Jumat, 4 November 2022 dilaksanakan exhibition dimana para murid akan berbagi pengetahuan dengan menampilkan karya berupa proyek akhir dari setiap kelas retreat, enrichment, dan higher education preparation. Dengan adanya exhibition, para murid dapat saling berbagi informasi, menampilkan bakat, dan belajar bersama. Setelah exhibition, acara dilanjutkan dengan menuliskan refleksi pribadi terkait dengan kegiatan yang dilakukan selama seminggu. Harapannya para murid dapat kembali merenungkan serta melihat kebaikan dan anugerah dari Tuhan melalui kesempatan untuk berbagi dan belajar bersama dalam kegiatan activity week. Dengan demikian, para murid menyadari bahwa setiap pribadi memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan talenta yang Tuhan sudah percayakan dan mengembalikannya untuk kemuliaan bagi nama-Nya.

Comments