• herlinajulenta

BBN SDH Lippo Village Tahun 2020 “Cinta Bahasa Indonesia, Maju Budaya Nusantara”


Salah satu kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan di SDH Lippo Village adalah Bulan Bahasa dan Nusantara (BBN). BBN SDH Lippo Village tahun 2020 ini sangat berbeda karena dilaksanakan dalam masa Home-based Learning (HBL) mengambil tema “Cinta Bahasa Indonesia, Maju Budaya Nusantara” yang dilaksanakan mulai 7 November 2020 dan berakhir pada 12 Oktober 2020.

BBN tahun ini berfokus agar seluruh civitas akademika SDH Lippo Village memupuk kembali rasa cinta terhadap budaya Nusantara dan mau untuk ikut melestarikan budaya Nusantara serta bangga berbahasa Indonesia melalui eksplorasi keindahan bahasa dan budaya Indonesia. Ini juga merupakan bentuk ucapan syukur kepada Tuhan yang telah menganugerahi bahasa persatuan dan berbagai budaya Nusantara bagi rakyat Indonesia. Selain itu, tujuan yang lain adalah untuk menjadikan para peserta didik agen penerus pelestarian budaya Nusantara dan tonggak penjaga persatuan dan kesatuan bangsa. 

Selama pelaksanaan BBN peserta didik diajak untuk membiasakan budaya literasi dengan membaca buku setiap mengawali kegiatan pembelajaran selama 3 menit, mengenal ragam makanan tradisional Nusantara melalui challenge potluck virtual, lomba membuat puisi dan pantun dengan tema BBN,lomba membuat background Microsoft Teams, doa misi untuk Indonesia. 


Pada puncak acara BBN, peserta didik didampingi Homeroom Teacher-nya bermain kahoot dengan tema wawasan Nusantara tentang makanan tradisional, bahasa daerah, dan pakaian adat, membuat plakat “Janji Anak Indonesia”, flashmob virtual, memakai aksesoris atau atribut yang mewakili suatu daerah di Indonesia. Acara puncak ini ditutup dengan dongeng untuk anak yang disajikan oleh Ibu Dhenok Kristianti serta Mr. William Jefferson Abolla (lihat di sini https://drive.google.com/file/d/1lT5zYBivcosuPaeaifo4veP0DjZXF2tc/view) serta pengumuman pemenang lomba.









Copyright  ©  2020 Dian Harapan School