top of page

Berkurikulum Cambridge, kenali keunggulan Sekolah Dian Harapan Makasar




Orangtua murid Sekolah Dian Harapan Makassar memberikan respon positif saat dilakukan sosialisasi penerapan kurikulum Cambridge di akhir tahun ajaran 2021/2022 kemarin. Karenanya, penerapan kurikulum Cambridge mulai berjalan sejak bulan Juli 2023, dimulai dari grade 1 (kelas 1 SD) dan grade 7 (kelas 7 SMP). Untuk memastikan penerapan yang baik, pihak sekolah melakukan penyesuaian kegiatan belajar mengajar seperti buku pegangan dan bacaan baru yang dipakai, bentuk penilaian guru di kelas, bentuk laporan hasil pembelajaran yang disesuaikan dengan standar baru dan penyesuaian biaya sekolah. SDH Makassar juga berbenah untuk memastikan fasilitas Pendidikan yang memenuhi kebutuhan dari kurikulum internasional. Semua sumber pembelajaran, infrastruktur kelas mengikuti standar pembelajaran internasional.


Saat ini, murid-murid grade 1 dan grade 7 telah berkomunikasi dengan bahasa Inggris secara intensif dalam kegiatan pembelajaran dan mendapatkan penilaian akademik (formatif dan sumatif) yang telah disesuaikan dengan ekspektasi dari Cambridge. Penggunaan istilah AO (Assessment Objectives) & LO (Lesson Objectives) semakin dikenal oleh guru maupun siswa. Pengenalan atribut karakter anak didik confident, engaged, responsible, reflective, dan innovative semakin digalakkan dan diintegrasikan dalam pembelajaran oleh guru-guru. Hal ini dimaksudkan agar murid-murid menjadi lebih terbiasa dengan istilah dan ekspetasi kurikulum Cambridge. Guru-guru beserta Kepala sekolah/ Wakil Kepala Sekolah di SDH Makassar berhasil memaksimalkan waktu persiapan yang singkat ini dalam penerapan kurikulum tersebut.


Salah satu hal yang juga disesuaikan khusus adalah bentuk rapor akhir semester. Rapor akhir semester kelas Cambridge dirancang berbeda dengan rapor regular. Setiap mata pelajaran memiliki narasi deskripsi mata pelajaran, nilai yang dikonversi ke dalam skala atau huruf agar sesuai standar penilaian Cambridge dan adanya komentar guru terhadap pencapaian anak pada setiap mata pelajaran. Oleh karena ini, SDH Makassar memiliki nilai tambah yang membuat orangtua beserta murid memilih untuk bergabung di SDH Makassar. SDH Makassar adalah sekolah yang berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Pelita Harapan dan sister school (mitra sekolah) Sekolah Pelita Harapan (SPH) yang telah

menjadi sekolah berkurikulum internasional lebih dari 30 tahun. Dengan dukungan dari sister school ini, SDH Makassar semakin kuat dalam penerapan kurikulum Cambridge.




0 comments

Comentários


bottom of page