top of page

SDH Makassar menjawab kebutuhan pendidikan berstandar Internasional di kota Makassar


SDH Makassar implementasi pendidikan berstandar Internasional

Selain kesempatan mempersiapkan diri menempuh pendidikan di luar negeri, kebutuhan mengenyam pendidikan berstandar internasional juga menjadi salah satu tujuan pembelajaran bersiap menghadapi tantangan di abad ke 21. Oleh karena alasan ini, adalah baik bila ada sekolah berkurikulum internasional yang dapat menjawab kebutuhan tersebut. Sekolah Dian Harapan Makassar tidak ketinggalan ambil bagian menjawab kebutuhan tersebut dengan penerapan kurikulum Cambridge bagi anak didiknya.


Pada awal tahun ajaran 2022/2023, SDH Makassar telah melakukan sosialisasi tentang kurikulum Cambridge kepada orangtua murid. Kegiatan sosialisasi tersebut menjelaskan bagaimana kurikulum Cambridge diimplementasikan, mata pelajaran apa saja yang terlibat langsung, buku pegangan dan bacaan yang dipakai, bentuk penilaian guru di kelas, bentuk laporan hasil pembelajaran yang disesuaikan dengan standar baru dan penyesuaian biaya sekolah. Pihak sekolah sungguh bersyukur karena sosialisasi tersebut mendapat respon positif dari orangtua. Seluruh orangtua mendukung bahwa anak-anak mereka akan mengikuti pembelajaran dengan kurikulum Cambridge di SDH Makassar.


Sesuai dengan rencana awal di tahun ajaran 2022/2023, SDH Makassar menerapkan pembelajaran berkurikulum Cambridge di kelas 1 SD dan kelas 7 SMP. Penerapan ini dimulai dengan penyesuaian sarana dan prasarana baru (kursi dan meja murid, multi media di kelas dan guru ekspatriat), penambahan buku pegangan bagi guru dan murid (Math, Science & English), penggunaan bahasa Inggris dalam penyampaian pelajaran dan kesempatan berkomunikasi dengan bahasa inggris yang semakin rutin dan konsisten di dalam dan di luar kelas.


Penerapan kurikulum Cambridge diharapkan menjadi jawaban dari kebutuhan bukan hanya untuk komunitas SDH Makassar, tetapi juga jawaban dari kebutuhan pendidikan yang ada di kota Makassar, yaitu mendapatkan pembelajaran berbahasa Inggris disertai dengan kurikulum yang diakui secara internasional. Dengan penerapan kurikulum Cambridge ini, SDH Makassar siap bersaing dengan sekolah-sekolah internasional lain yang ada di kota tersebut.


Related Posts

See All

Commentaires


bottom of page