top of page

"Field Trip Peraturan Lalu Lintas Grade K2" - SDH Manado

Tem

a unit pembelajaran pada Kuartal II di grade K2 SDH Manado adalah Peraturan dalam Komunitas Shalom. Sebagai bagian dari komunitas, murid-murid diajak untuk memahami betapa pentingnya peraturan dalam menciptakan komunitas shalom. Murid-murid K2 telah mempelajari arti peraturan dan arti komunitas serta mengenal peraturan yang ada di lingkungan sekitarnya seperti rumah dan sekolah. Setelah mempelajari peraturan di lingkungan rumah dan sekolah, murid-murid akan belajar mengenal peraturan di dalam komunitas yang lebih besar yakni komunitas masyarakat, dalam hal ini mengenal peraturan lalu lintas. Oleh karena itu, sebagai sekolah yang menerapkan pembelajaran aktif dan strategi mengajar yang beragam untuk mendorong murid menjadi pembelajar yang mandiri, kreatif dan kritis maka guru-guru merancang kegiatan fieldtrip bagi para murid. Kegiatan ini juga bertujuan agar murid mendapatkan pengalaman belajar langsung yang menyenangkan sehingga murid mampu mengenal peraturan-peraturan lalu lintas yang ada.


Fieldtrip dilaksanakan pada Kamis, 24 November 2022 bertempat di Kantor Kepolisian Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Kegiatan diawali dengan sambutan hangat dari Bapak dan Ibu Polisi yang begitu ramah. Kegiatan pun dibuka dengan kegiatan seperti berdoa, bernyanyi bersama dan mempelajari lagu-lagu lalu lintas serta sambutan dari Polda Sulut. Tak lupa pula, pemberian ucapan terima kasih dari SDH Manado kepada Polda Sulut yang telah mendukung proses pembelajaran murid melalui pelaksanaan fieldtrip ini. Setelah membuka kegiatan di dalam aula, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan proses mengitari Kota Manado menggunakan bus yang disiapkan oleh Polda Sulut. Cuaca di Manado pada hari tersebut sangat mendukung berjalannya kegiatan fieldtrip ini. Murid-murid melihat langsung rambu-rambu lalu lintas yang ada di Kota Manado dan dijelaskan langsung arti dari rambu-rambu oleh para Ibu-Ibu Polisi.



Sembari mengitari Kota Manado, kami pun bernyanyi bersama di dalam bus sambil melihat rambu-rambu yang ada di jalanan. Murid dapat mengenal arti rambu-rambu seperti tanda dilarang parkir, dilarang masuk, dilarang berhenti sehingga setiap kali mereka melihat rambu yang sama, mereka dengan antusias menyebutkan arti dari rambu tersebut. Kemudian, murid juga dapat mengenal fungsi dari zebra cross, jembatan penyebrangan dan terminal yang ada di Kota Manado. Selain itu, anak-anak juga melihat langsung polisi yang sedang bertugas saat mengatur kendaraan di jalan sehingga mereka dapat melihat fungsi dari kepolisian.


Kami saya bersyukur kepada Tuhan Yesus atas kegiatan fieldtrip ini yang dapat berjalan dengan baik dengan dukungan cuaca yang cerah, sambutan hangat dari Polda Sulut serta antusias dari murid untuk belajar secara langsung. Kegiatan ini juga memberikan pengalaman yang menarik bagi anak-anak sehingga mereka sangat menikmatinya dan menceritakan pengalaman mereka kepada orang tua setelah kegiatan selesai. Kami pun melihat wajah-wajah bahagia dari orang tua yang mendengar cerita anak-anak tentang pengalaman belajar yang mereka rasakan.

Kommentare