top of page

Fieldtrip Ke Museum Anatomi Memperkaya Pengetahuan Siswa Grade 5 - SDH Daan Mogot



Bertanya Tanpa Henti: Murid Grade 5 Tengah Menyimak Penjelasan Dokter di Ruang Audiovisual

Awal September 2023, murid Grade 5 mempelajari topik Human Body System, khususnya Sistem Pernafasan, Sistem Pencernaan, dan Sistem Peredaran Darah. Murid belajar dari setiap organ serta sistem kerjanya dan diberi pengetahuan untuk memelihara kesehatan organ tersebut. Sebagai langkah untuk memperkaya pengetahuan yang mereka miliki, sekolah mengadakan fieldtrip (karyawisata) ke Museum Anatomi FKIK Unika Atmajaya yang berlokasi di Kawasan Pluit, Jakarta Utara.


Ada dua kegiatan yang dilakukan murid dalam fieldtrip ini, yakni di Museum Anatomi dan Ruang Audiovisual. Di ruang Museum Anatomi, murid dikelompokkan menjadi 3 kelompok, dimana setiap kelompok dipimpin oleh seorang dokter. Dokter menerangkan sistem organ dalam tubuh dengan menunjukkan koleksi organ yang terdapat di dalam museum, yang bukan hanya manekin tetapi juga organ asli manusia dengan berbagai macam teknik pengawetan. Museum juga dilengkapi touch screen human anatomy Atlas 3D pada setiap sistem. Selanjutnya, mereka bergerak ke ruang audio visual. Di sana murid mendengarkan penjelasan dari seorang dokter mengenai sistem pencernaan, sistem pernafasan serta sistem peredaran darah dengan menggunakan audiovisual.


Secara keseluruhan, murid terlihat antusias dan banyak bertanya terkait organ dan sistem organ yang sedang dijelaskan. Mereka juga mengisi lembar kerja untuk digali pemahamannya terkait pembelajaran yang baru saja mereka jalani.


Kegiatan fieldtrip ini diharapkan dapat membantu murid memahami serta menerapkan pola hidup sehat agar sistem tubuh mereka dapat bekerja dengan baik serta mengucap syukur kepada Tuhan atas tubuh mereka. Semoga pengalaman fieldtrip ini dapat memfasilitasi murid untuk selalu merawat diri mereka dengan baik serta menjaga pola hidup yang sehat sebagai ungkapan syukur karena Tuhan menciptakan tubuh mereka dengan sempurna.




0 comments
bottom of page