• Vania Ivena

First Week of School - Sekolah Dian Harapan Jember

Hanya karena Anugerah dan belas kasihan Tuhan semata first day dan first week of school dapat dilalui dengan baik oleh seluruh anggota komunitas Sekolah Dian Harapan Jember. Awal tahun ajaran merupakan momen yang paling seru, menegangkan, dan sangat menentukan perjalanan satu tahun ajaran bagi setiap siswa-siswi maupun guru. Di hari-hari pertama sekolah merupakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi para siswa-siswi baru. Guru memperkenalkan budaya dan lingkungan sekolah kepada siswa-siswi serta menyepakati bersama berbagai prosedur dan peraturan selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Pada kesempatan ini pula karakter guru dan siswa-siswinya harus terafisiliasi dengan baik sehingga tercipta komunitas shalom dalam kelas maupun sekolah.


Dengan adanya pandemi COVID-19, First week of school tahun ini menjadi berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Baik guru maupun siswa-siswi mendapatkan pengalaman yang baru, karena semua kegiatan sekolah dilakukan secara virtual. Kerja keras guru, tenaga pendidik, para murid serta dukungan orang tua sangat dibutuhkan untuk membangun relasi dan komunikasi yang baik. Puji Tuhan, dengan pertolongan-Nya aplikasi Microsoft Teams dapat dipakai sebagai sarana yang efektif untuk melakukan kegiatan MPLS secara virtual. Siswa-siswi diajak bersosialisasi, berbagi pengalaman, bahkan membuat kesepakatan melalui feature video conference bersama guru dan teman-teman sekelas. Mereka juga dapat melakukan chatting untuk berdiskusi dengan teman maupun kepada gurunya.




Bagi saya pribadi, Natanael Homeroom Grade 7 SMP DIAN HARAPAN JEMBER, pengalaman MPLS tahun ini juga sangat berbeda dan benar-benar baru. Belum pernah terbayang bagi saya pribadi untuk melakukan sosialisasi dan orientasi secara virtual. Namun, saya tetap merasakan tuntunan dan penyertaan Tuhan, sebab dalam kondisi yang sangat menantang ini, saya tetap merasakan damai dan sukacita. Bukan karena saya mampu, tetapi memang setiap detailnya murni karena Kristus yang memampukan saya melakukannya. Segala keterbatasan yang ada tidak menghambat kami, para pendidik untuk terus memberikan pengalaman belajar yang terbaik bagi pribadi-pribadi yang Tuhan kirim untuk dididik di SDH Jember.


Harapan kami, kiranya Tuhan terus beranugerah dan memimpin kami untuk menjadi rumah kedua bagi siswa-siswi. Membawa setiap jiwa-jiwa yang berharga ini untuk bertemu dengan Penciptanya, sehingga kerinduan yang terdalam dari hidup siswa-siswi mendapatkan pemberhentian dan kepuasan sejati hanya di dalam Kristus.


Soli Deo Gloria.




Author : Natanael G. Harison

148 views

Recent Posts

See All

Integritas dalam Era Globalisasi

Dampak globalisasi terhadap dunia pendidikan paling tidak terlihat dalam 2 perubahan mendasar dalam dunia pendidikan. Pertama, globalisasi menjadikan pendidikan sebagai komoditas dan komersil. Pemikir

Copyright  ©  2020 Dian Harapan School