• Vania Ivena

Kemerdekaan di Tengah Pandemi

Updated: Sep 2

Tujuh belas Agustus tahun 45

Itulah hari kemerdekaan kita♫

Penggalan lagu tersebut tentunya tidak asing di telinga kita, apalagi saat bulan Agustus, bulan kemerdekaan bangsa Indonesia tiba. Sudah menjadi hal yang lumrah jika bulan Agustus menjadi bulan penuh semangat, dimana seluruh rakyat Indonesia merayakan semarak peringatan kemerdekaan melalui berbagai kegiatan.



Salah satu kegiatan yang setiap tahunnya selalu dilakukan adalah upacara bendera. Seluruh instasi berbenah diri dan mempersiapkan pelaksanaan upacara dengan baik. Selain upacara, untuk memeriahkan perayaan kemerdekaan, hal yang tidak boleh ketinggalan yaitu diadakannya berbagai macam lomba yang menarik.




Namun, pada tahun 2020 ini tentunya kedua kegiatan tersebut jarang sekali kita temui, bahkan tidak dilaksanakan. Mengingat tahun ini, seluruh dunia sedang ada dalam masa pandemi COVID-19, yang tentunya mengubah tatanan maupun cara hidup manusia kepada kebiasaan normal baru.


Kalau boleh mengingat kembali perayaan kemerdekaan RI tahun 2019 lalu, SDH Jember dapat merayakannya dengan meriah.Seluruh keluarga besar SDH Jember, baik guru, siswa, dan orang tua bersama-sama mengikuti upacara bendera dan lomba-lomba yang diadakan di sekolah. Tahun 2020 ini, meskipun di tengah-tengah pandemi, SDH Jember juga tidak ingin melewatkan acara peringatan maupun merayaan kemerdekaan Indonesia. Meskipun dilakukan dengan cara dan prosedur yang berbeda, tetapi kami tetap mengadakan upacara dan juga lomba-lomba yang tak kalah menarik. 


Peringatan dan perayaan kemerdekaan Indonesia di SDH Jember dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2020. Kegiatan diawali dengan upacara bendera dan dilanjutkan dengan perlombaan. Seluruh kegiatan tersebut dilakukan secara virtual live conference, yang diikuti oleh guru, siswa, dan orang tua. Dalam upacara virtual disampaikan juga amanat oleh Ms. Karina selaku sepala sekolah SDH Jember. Dalam amanatnya, Ms. Karina mengingatkan bahwa kemerdekaan yang kita rasakan sampai sekarang merupakan anugerah dari Tuhan. Dengan demikian kita memiliki tanggung jawab untuk mengisi kemerdekaan dengan karya dan prestasi yang membanggakan bangsa, terlebih lagi Tuhan.




Setelah upacara, acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba yel-yel dan dekorasi. Lomba sudah dilakukan sebelumnya oleh siswa bersama keluarga mereka di rumah. Lomba ini dipilih karena mencerminkan semangat kemerdekaan dengan kerja sama yang ditunjukkan siswa bersama keluarga mereka. Anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Bukan hanya anak-anak, orang tua pun turut menyumbangkan atmosfer semangat dan sukacita dalam mengikuti perlombaan. Hal ini terlihat dari kreativitas siswa bersama keluarga dalam menciptakan yel-yel dan dekorasi dari barang bekas yang sangat indah. Meskipun waktu persiapan terbilang singkat, tetapi tidak mengurangi semangat untuk berpartisipasi.

Tahun 2020 ini mungkin menjadi tahun yang sulit bagi kita semua. Tetapi, kita patut bersyukur karena sampai saat ini Tuhan masih menginzinkan kita untuk hidup merdeka di bumi Indonesia tercinta ini. Merdeka Indonesia, Indonesia Maju!




109 views

Recent Posts

See All

Integritas dalam Era Globalisasi

Dampak globalisasi terhadap dunia pendidikan paling tidak terlihat dalam 2 perubahan mendasar dalam dunia pendidikan. Pertama, globalisasi menjadikan pendidikan sebagai komoditas dan komersil. Pemikir

Copyright  ©  2020 Dian Harapan School