top of page

Mengasah Keterampilan Komunikasi dan Negosiasi Melalui Simulasi ASEAN Summit - SDH Daan Mogot



murid kelas 6 belajar tentang ASEAN

Bulan Februari ini, murid kelas 6 belajar tentang ASEAN sebagai salah satu tema dalam pembelajaran Social Studies. Puncak dari proses pembelajaran ini adalah diadakannya simulasi ASEAN Summit. Kegiatan ini merupakan upaya untuk memberikan pemahaman murid mengenai pentingnya kerja sama regional dan diplomasi antarnegara. Kita harapkan keterampilan komunikasi, negosiasi, dan pemecahan masalah murid semakin berkembang dengan adanya kegiatan ini.


Dalam kegiatan ini, mereka juga diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuan yang dimiliki tentang ASEAN dan kerja sama regional antar negara.

Adapun Kegiatan Simulasinya adalah sbb:

  1. Persiapan Awal: Pembagian kelompok berdasarkan negara anggota ASEAN dan pembekalan pengetahuan tentang ASEAN Summit

  2. Pembahasan Isu-Isu: Setiap kelompok melakukan penelitian sederhana tentang isu-isu tertentu yang relevan dengan ASEAN, seperti keamanan regional, integrasi ekonomi, dan kerja sama sosial-budaya.

  3. Simulasi: Setiap kelompok negara mengutus perwakilan serta menggunakan keterampilan komunikasi dan negosiasi mereka untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan.

  4. Refleksi: Murid saling berbagi pengalaman mereka, mengevaluasi strategi negosiasi, dan memperkuat pemahaman mereka tentang pentingnya kerja sama regional.




0 comments

Comments