top of page

Pagelaran Budaya 'Soul of Indonesia' dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Membangkitkan Semangat Bhineka Tunggal Ika

Warna-Warni Kemeriahan Booth Budaya: Mengenal Lebih Dekat Kekayaan Tradisi Indonesia

Beragam bentuk kegiatan yang dilaksanakan meliputi, fashion show pakaian adat, pagelaran budaya, booth budaya, booth permainan tradisional, dan booth makanan daerah. Selain itu, pagelaran ini turut dimeriahkan dengan bazar buku dan bazar makanan yang menghidangkan berbagai hidangan khas Indonesia. Para pengunjung, termasuk orang tua siswa, dapat menikmati beragam kuliner lezat dan menemukan buku-buku menarik di sini.


Rangkaian kegiatan ini diselingi dengan kegiatan SSR (sustained silent reading) membaca kumpulan cerita rakyat Indonesia. Kegiatan ini dilakukan sebagai aktivitas literasi yang mengenalkan beragam cerita rakyat Indonesia yang sarat makna dan pesan moral. Agar lebih menarik, kegiatan SSR ini diikuti dengan lomba mading (majalah dinding) literasi di setiap kelas. Aktivitas mading literasi diselenggarakan dengan tujuan untuk mempromosikan minat dan apresiasi terhadap sastra Indonesia. Mading literasi ini diikuti dengan sangat antusias oleh setiap kelas untuk menuangkan ide kreatif dan konten yang menarik di setiap mading kelasnya.


Selain itu, untuk menyemarakkan kegiatan pagelaran ini, diadakan kompetisi desain banner yang terbuka secara umum kepada seluruh siswa Senior School dari jenjang SMP-SMA. Ini adalah kesempatan terbaik bagi murid untuk menunjukkan bakat desain kreatif.


Sungguh rangkaian kegiatan yang sangat menakjubkan! Kegiatan pagelaran budaya "Soul of Indonesia" ini mendapatkan apresiasi yang besar dari seluruh komunitas SDH Lubuklinggau. Seluruh pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar karena antusiasme yang dimiliki oleh seluruh komunitas sekolah merayakan keberagaman dan kekayaan budaya Indonesia. Murid mendapatkan dampak yang baik serta mendapat pengetahuan baru dari kegaitan yang telah dilaksanakan.


Kiranya melalui kegiatan pagelaran budaya ini, murid semakin mengenal kekayaan bangsa Indonesia, menghargai setiap keberagaam dan tentunya mengaplikasikan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia yang telah melekat berabad-abad lamanya, yakni sikap gotong royong. Biarlah murid-murid dapat memberikan praktik baik di dalam komunitas kelas, keluarga, dan masyarakat, sehingga Nama Tuhan yang terus dipermuliakan. Soli Deo Gloria!




0 comments
bottom of page