top of page

Pameran Karya Kearifan Lokal Sulawesi Utara - SDH Ranotana Manado


Pameran Karya Kearifan Lokal Sulawesi Utara

Pada Jumat, 3 Februari 2023 lalu murid-murid kelas 5 baru saja merayakan penyertaan Tuhan dalam pembelajaran mereka di Unit 3, yang bertemakan Daerahku Kebanggaanku. Perayaan ini dilakukan dengan mengadakan Pameran Karya Kearifan Lokal Sulawesi Utara, yang mana dalam kegiatan tersebut murid memperkenalkan dan menjual barang-barang produk ekonomi kreatif yang telah mereka buat. Tak hanya itu murid juga terlibat dan berbagian dalam menampilkan tari tradisional dan juga ansambel musik dari lagu daerah.


Pameran karya ini ada, berangkat dari kerinduan untuk terlibat dalam pelestarian budaya daerah karena murid juga bagian dari komunitas shalom yang berbagian dalam pelestarian budaya yang merupakan anugerah dari Allah. Selain itu, antusias murid-murid dengan ekstrakurikuler Ekonomi Kreatif juga memberi kerinduan untuk memberikan kegiatan pembelajaran yang bermakna bagi murid-murid. Kerinduan serta antusias ini pun disambut baik, dengan adanya Capaian Pembelajaran yang juga mengharapkan murid-murid mampu untuk mengambil bagian dan terlibat dalam kegiatan ekonomi di lingkungannya namun tetap menerapkan nilai-nilai kearifan lokal.


Selama kegiatan pembelajaran di Unit 3 ini berlangsung, guru dan murid sangat merasakan bagaimana penyertaan Tuhan terus memimpin dan menyertai. Dimulai dari murid-murid yang dengan penuh semangat dan bersukacita mengeksplorasi budaya daerahnya di pusat kebudayaan. Kemudian, murid-murid yang mengeksplorasi beragam usaha ekonomi kreatif sampai pada pembuatan produk dan persiapan serta pelaksanaan pameran yang tidak mungkin dapat dikerjakan tanpa hikmat serta talenta yang Tuhan telah anugerahkan kepada setiap murid dan guru yang membimbing.



Kami sangat merasakan anugerah melalui pimpinan dan penyertaan Tuhan. Terlihat dari karya-karya yang murid-murid boleh buat, tidak hanya sebuah produk yang layak jual tetapi juga mengangkat nilai kearifan lokal daerahnya. Selain itu, penampilan yang indah buah hasil ketekunan serta kesetian murid-murid yang mau berlatih untuk memberikan yang terbaik. Hal ini tentu saja tidak lepas dari Allah yang beranugerah, melalui Roh-Nya menggerakkan murid-murid untuk setia mengerjakan apa yang mereka kerjakan saat ini. Dan menjadi suatu sukacita ketika apa yang Tuhan boleh izinkan untuk murid-murid kerjakan ini, pada akhirnya dapat memberkati komunitas disekitarnya melalui pameran karya yang mereka kerjakan. Kiranya melalui pembelajaran ini, murid-murid dapat terus mengingat penyertaan Tuhan yang membawa mereka hidup dalam pengharapan dan tumbuh menjadi murid-murid yang terus rindu untuk berbagian dengan orang-orang disekitarnya. To God be the Glory.

Comments