top of page

“Perayaan Chinese New Year Junior School Sekolah Dian Harapan Makassar – Ebenhaezer”


Perayaan Chinese New Year/ Imlek adalah perayaan yang rutin diadakan setiap tahun oleh Sekolah Dian Harapan Makassar. Tahun ini, Junior School merayakan Imlek pada Jumat, 11 Februari 2022 secara daring atau online melalui platform Microsoft Teams. Perayaan ini merupakan kegiatan ketiga dari 20 program menuju Sekolah Dian Harapan Makassar Anniversary yang ke-20 tahun pada tahun 2023 yang akan datang. Tema yang kami angkat adalah “Ebenhaezer”, sampai di sini Tuhan menolong (1 Samuel 7:12).


Melalui tema Ebenhaezer ini, kami mau mengajak komunitas JS SDH Makassar baik orang tua, guru dan siswa menaikkan rasa syukur atas penyertaan Tuhan yang terus menolong kami sehingga bisa merayakan Imlek di tahun 2022 ini. Selain itu, kami juga mau terus mengasah dan mengembangkan talenta siswa kami, khususnya dalam berbahasa Mandarin. Hal ini sejalan dengan Graduate Profile sekolah Dian Harapan yang ke-9 yaitu memahami bahwa semua kemampuan dan talenta adalah anugerah Allah, yang diberikan untuk dapat dipakai memuliakan Tuhan dan menjadi berkat bagi sesama.


Dua hari berturut-turut menjelang perayaan Chinese New Year kami mengikuti devosi spesial Imlek yang menolong kami mengingat bahwa Tuhan berdaulat di dalam perayaan Imlek dan melihat tradisi-tradisi Imlek dari sudut pandang Firman Tuhan. Devosi special Imlek ini ditutup dengan Chapel yang kami ikuti di awal perayaan Chinese New Year. Saat perayaan Imlek, layar LMS Teams semua kelas online Junior School diwarnai dengan merah dan kuning khas pakaian cheongsam sebagai dresscode acara. Kegiatan perayaan Imlek dimeriahkan dengan berbagai lomba yang cukup menantang karena dilakukan secara online. Siswa Kindy sampai kelas 3, menyiapkan 1 buah jeruk Mandarin dan berlomba mengupas kulit jeruk tanpa putus. Sedangkan, siswa kelas 4 sampai 6 berlomba memindahkan kacang sukro menggunakan sumpit.



Setelah lomba berakhir, baik guru dan siswa menikmati sesi break sambal saling sharing tentang perayaan Imlek siswa bersama keluarga mereka. Selesai dengan sesi break time, kami melanjutkan kegiatan dengan menonton video performance siswa kami. Melalui video performance siswa yang kami tonton sungguh kami bersyukur pada Tuhan atas talenta yang Tuhan berikan kepada siswa kami. Lalu, kegiatan berikutnya kami bermain game online melalui platform Wordwall dan Quizziz di mana isi game diintegrasikan dengan materi pelajaran bahasa Mandarin. Terakhir, kami menutup kegiatan dengan menonton cuplikan video pendek tentang perayaan Imlek dari tahun 2020 sampai tahun 2022, dan kami saling sharing (refleksi) tentang penyertaan dan pertolongan Tuhan pada kami sampai kami bisa merayakan Imlek bersama.


Kami bersyukur melalui semua kegiatan Imlek yang kami lakukan bersama, baik guru dan siswa diingatkan kembali akan penyertaan dan pertolongan Tuhan pada kami semua dan kami juga bersyukur pada Tuhan yang terus memampukan siswa kami dalam mengembangkan talenta mereka. Kiranya apa yang telah kami lakukan bersama menjadi berkat dan kami mengembalikan semuanya untuk hormat dan kemuliaan nama Tuhan. To God be the glory! Ebenhaezer, sampai di sini Tuhan menolong kami semua.




1 Comment


Anastasia Sundah
Anastasia Sundah
Mar 09, 2022

Segala kemuliaan hanya bagi Tuhan!

Tuhan sudah menolong kita. Saya sangat terharu mendengar cerita bagaimana perayaan Chinese New Year di masing-masing keluarga. Tuhan Yesus selalu memberkati seluruh komunitas SDH Makassar dan memampukan kita menghadapi setiap tantangan. Allah menolong kita senantiasa. Amin

Like