top of page

“100 Days of School” - SDH Ranotana Manado



Perayaan 100 hari bersekolah sudah menjadi kegiatan rutin tahunan di TK SDH Manado. Tujuan umum dari kegiatan ini adalah mengajak murid-murid untuk mengingat dan melihat kilas balik proses pembelajaran sehingga mereka dapat memuliakan serta mengucap syukur atas penyertaan Tuhan. Sejak hari pertama hingga 100 hari bersekolah proses pembelajaran yang terjadi tidaklah mudah dikarenakan situasi pandemi Covid-19. Diawali dengan pembelajaran daring pada kuartal pertama, kelompok kecil pada kuartal kedua, pertemuan terbatas 50% hingga 100% dan kembali lagi belajar secara daring pada kuartal ketiga. Terdapat banyak sekali perubahan dan penyesuaian yang harus dilakukan murid, guru dan orang tua agar pembelajaran dapat tetap terlaksana dengan baik dan aman. Oleh karena itu, pada tahun ajaran ini tema yang diangkat pada perayaan 100 hari bersekolah TK SDH Manado adalah “Christ is Our True Superhero”. Melalui tema ini murid diajak untuk mengetahui bahwa proses pembelajaran yang tidak mudah dapat dilalui hanya karena pertolongan Tuhan Yesus sang superhero sejati.


Perayaan 100 hari bersekolah dilakukan selama sepekan. Setiap hari kegiatan diawali dengan rangkaian devosi tentang kehebatan dan karya-karya yang Yesus lakukan. Kemudian dilanjutkan dengan aktivitas pengembangan kemampuan motorik halus seperti mewarnai, menggunting dan menempel. Murid-murid mengikuti setiap kegiatan dengan antusias. Keadaan dan kondisi berubah sangat cepat sehingga perayaan puncak yang telah di susun dalam konteks pembelajaran tatap muka harus disesuaikan lagi karena murid kembali belajar secara daring. Meskipun demikian hal tersebut tidak mengurangi sukacita serta antusias murid dan guru dalam perayaan.




Pada perayaan puncak, murid tampil didepan layar monitor mereka masing-masing dengan kostum superhero yang telah mereka pilih diantaranya kostum batman, spiderman, hulk, wonderwoman dll. Mereka menyampaikan alasan-alasan mengapa memilih dan menyukai superhero tersebut. Beberapa alasan yang mereka sampaikan adalah karena karakter tersebut memiliki kekuatan, hebat, dan cantik. Oleh karena itu, tujuan penggunaan kostum ini adalah untuk mengarahkan murid bahwa banyak sekali superhero hebat yang mereka lihat di dalam film, namun ada seorang superhero yang lebih hebat dari semua superhero itu adalah Yesus Kristus.


Kegiatan pada perayaan puncak adalah murid menonton video Yesus menyembuhkan orang yang sakit kusta kemudian melakukan refleksi dan berdoa bersama. Murid membagikan apa yang mereka rasakan selama proses pembelajaran, ada perasaan sedih karena tidak dapat bertemu teman-teman dan guru secara langsung tetapi juga mereka senang karena masih bisa belajar meskipun secara daring. Bersyukur murid dapat saling memberi semangat, berbagi sukacita dan mendoakan satu sama lain. Lewat perayaan 100 hari bersekolah dapat terlihat bahwa murid semakin menyadari bahwa Tuhan Yesus sang superhero yang terus menolong dan memampukan mereka setiap hari. Kiranya Tuhan yang terus memampukan guru, murid dan juga orang tua dalam proses pembelajaran kedepannya.

Komentar


bottom of page