top of page

"First Week of School" - SDH Ranotana Manado


Wajah bahagia di setiap sudut kelas

Minggu pertama di Sekolah Dian Harapan merupakan momen yang penuh antusiasme dan semangat bagi murid. Di pagi yang cerah, murid masuk gerbang mengenakan seragam baru dan membawa tas sekolah dengan penuh semangat. Di depan pintu gerbang, orang tua dengan bangga mengabadikan momen ini dengan foto-foto indah dan melakukan rekaman video secara langsung. Di dalam kelas, murid belajar mengenal teman-teman dan mengenali peraturan dan prosedur yang akan menolong mereka untuk bertumbuh bersama. Aktivitas mengenal tema tahunan sekolah menjadi agenda penting yang secara sengaja di rancang agar murid-murid melihat pentingnya mengabdikan diri kepada Kristus dalam keseharian mereka. Tema sekolah “Devoted to Christ” dalam visualisasi logo dan lagu diperkenalkan kepada komunitas Sekolah Dian Harapan. Belajar menyanyikan lagu tema menjadi aktivitas menyenangkan di awal pembelajaran mereka di dalam kelas.


Melatih dan membentuk budaya sekolah Dian Harapan juga menjadi proses yang sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan harmonis sesuai dengan visi-misi sekolah. Murid diperkenalkan dengan nilai-nilai inti yang menjadi fondasi budaya sekolah, Pengetahuan Sejati (True Knowledge), Iman dalam Kristus (Faith in Christ) dan Karakter Ilahi (Godly Character). Guru dan staf sekolah berperan sebagai teladan dan mengedukasi murid tentang pentingnya berinteraksi dalam budaya sekolah yang mengedepankan sikap saling menghargai, sikap bertanggung jawab dan kesiapan diri. Hal ini diwujudkan melalui berbagai kegiatan, pertemuan dalam kelompok kecil dengan orang tua maupun pertemuan dalam kelompok besar. Pengenalan budaya sekolah ini diharapkan menolong setiap individu merasa diterima dan didorong untuk berkontribusi secara aktif. Proses pengenalan ini juga bertujuan untuk membentuk iklim sekolah yang memupuk semangat kebersamaan sebagai satu tubuh Kristus.


Kolaborasi dilakukan secara cermat untuk membantu kesiapan sekolah, kesiapan guru dan kesiapan murid untuk berinteraksi di Sekolah Dian Harapan. SDH Manado telah mempersiapkan fasilitas, kurikulum, sumber daya yang memadai dan kelas ditata untuk menjadi tempat yang inspiratif meraih pengetahuan. Guru-guru yang terlatih dan berdedikasi untuk siap memberikan pengajaran berkualitas berdasarkan terang kebenaran Firman Tuhan. Kesiapan siswa juga menjadi perhatian penting, oleh karenanya informasi dan detail kebutuhan dikomunikasikan secara berkelanjutan. Murid-murid diharapkan siap belajar, datang dengan semangat, memiliki rasa ingin tahu dan berkomitmen untuk berpartisipasi aktif. Dengan demikian proses pembelajaran menjadi lebih bermakna dan bermanfaat.




Minggu pertama juga merupakan kesempatan untuk murid mengikuti pengenalan tema pembelajaran yang akan dibahas pada kuartal pertama. Murid-murid diperkenalkan terkait hal-hal esensial yang mendasari pembahasan tema di dalam kelas. Aktivitas menarik seperti menebak gambar, bermain bersama, menjawab pertanyaan sederhana dan melakukan peragaan gerak, dilakukan untuk membangun jembatan dari pengalaman anak dengan cakupan pembelajaran yang akan dilakukan. Guru menuntun murid dalam mencermati dan mendiskusikan pemahaman sepanjang hayat yang akan diingat oleh murid dalam perjalanan kehidupan mereka. Rencana belajar disusun bersama antara guru dan murid-murid untuk melatih sikap tanggung jawab murid sejak dini di Sekolah Dian Harapan.

Comments