top of page

Menumbuhkan "Jiwa Nasionalisme" Siswa SDH Manado Melalui Perayaan Kemerdekaan RI ke-78


Perayaan Kemerdekaan yang Meriah di SDH Manado

Di tahun ini SDH Manado merayakan Kemerdekaan RI ke-78 dengan mengusung tema “Mantapkan Langkah untuk Indonesia Maju” yang terinspirasi dari tema nasional yaitu “Terus Melaju untuk Indonesia Maju.” Tema ini menjadi sebuah ajakan bagi komunitas SDH Manado untuk bersama menyelaraskan langkah dan semangat untuk memajukan Indonesia khususnya di dunia pendidikan.


Perayaan kemerdekaan dilaksanakan selama satu pekan dari tanggal 14-18 Agustus 2023. Pada 17 Agustus 2023 seluruh komunitas SDH Manado turut berpartisipasi dalam pelaksanaan upacara sebagai bentuk ucapan syukur memperingati perkenanan Tuhan yang telah memberikan kemerdekaan dan menyertai Indonesia selama 78 tahun terakhir. Selain upacara, perayaan kemerdekaan diisi dengan konsep kegiatan yang berfokus pada pengenalan akan perjuangan bangsa Indonesia. Konsep ini dituangkan menjadi kegiatan gallery walk dengan mengangkat materi perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan hingga penerapan Pancasila dalam kehidupan saat ini, cosplay tokoh pahlawan, belajar lagu-lagu nasional dan ditutup dengan refleksi dan penulisan komitmen kebangsaan.

Sorakan komunitas SDH Manado begitu riuh ketika parade cosplay tokoh pahlawan tengah berlangsung. Beberapa tokoh pahlawan yang diperagakan oleh peserta lomba antara lain Ki Hajar Dewantara, Budi Utomo, Sultan Hasanuddin, dan Jenderal Diponegoro. Seorang siswa berjalan memeragakan tokoh pahlawan dan siswa yang lain membacakan biografi dan kisah perjuangan tokoh tersebut. Keseluruhan agenda kemerdekaan ini mengarah pada tujuan untuk memupuk dan menumbuhkan jiwa nasionalisme siswa/i.



Seluruh pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar karena antusias yang dimiliki oleh seluruh warga sekolah dalam memperingati kemerdekaan negara Republik Indonesia. Peserta didik mendapatkan dampak yang baik serta mendapat pengetahuan baru dari kegiatan yang telah dilaksanakan. Misalnya dalam kegiatan cosplay pahlawan dan penyampaian narasi tokoh pahlawan, peserta didik berkesempatan belajar secara mendalam akan kehidupan setiap tokoh pahlawan nasional dan kegigihan mereka dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Selain itu, pada kegiatan refleksi dan komitmen kebangsaan peserta didik dapat merefleksikan penyertaan Tuhan bagi Indonesia dan berkomitmen dalam menjaga keutuhan Indonesia sebagai generasi penerus bangsa.


Melalui perayaan HUT ke-78 Republik Indonesia, siswa diharapkan dapat lebih memahami dan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila sebagai landasan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan adanya pemahaman yang kuat tentang Pancasila, siswa sebagai generasi muda akan menjadi agen perubahan yang mampu menghadapi tantangan serta peluang dalam memajukan Indonesia di era globalisasi dan modern. Perayaan HUT ke-78 Republik Indonesia di SDH Manado merupakan momen yang penting untuk merayakan keberagaman, memperkuat persatuan, dan membangun semangat kebangsaan. Semoga dengan langkah yang mantap, Indonesia dapat terus maju dan menjadi negara yang lebih baik di masa depan. Dirgahayu Republik Indonesia. Merdeka! Merdeka! Merdeka!

bottom of page