top of page

Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) OSIS 2022/2023 – SDH Lubuklinggau

Updated: Nov 8, 2022



Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) OSIS merupakan suatu program yang bersifat wajib di sekolah sesuai Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 mengenai Pembinaan Kesiswaan. Pembinaan yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu yang meliputi bakat, minat, dan kreativitas; memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dari usaha dan pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan; mengaktualisasikan potensi siswa dalam pencapaian prestasi unggulan sesuai bakat dan minat; dan menyiapkan siswa agar menjadi warga masyarakat yang berakhlak mulia, demokratis, menghormati hak-hak asasi manusia dalam rangka mewujudkan masyarakat madani (civilsociety).


Oleh sebab itu, sebagai sebuah sekolah Kristen yang mendukung program pemerintah dan untuk mengimplementasikan visi dan misi serta Profil Sekolah nomor 19, Sekolah Dian Harapan Lubuklinggau tahun ini kembali membentuk kepengurusan OSIS untuk periode tahun 2022/2023. Setiap anggota OSIS yang telah terpilih setelah melalui proses yang sangat panjang kemudian mengikuti serangkaian LDK yang telah dipersiapkan untuk memperlengkapi mereka dalam satu periode ke depan.


LDK tahun ini bertemakan “Steward Leadership” yang didasari dari Matius 25:29 “Karena setiap orang yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan. Tetapi siapa yang tidak mempunyai, apa pun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya”.Tugas sebagai penatalayan hanya dapat terlaksana dengan baik apabila kita mendengar dan mengikuti Roh Kudus. Tuhan akan menghukum siapa saja yang tidak taat dalam pekerjaan-Nya atau menggunakan karunia itu untuk kepentingan sendiri. Diharapkan dengan adanya LDK ini setiap anggota pengurus OSIS mengerti makna dari sebuah komunitas di dalam organisasi dan menjalankan peran mereka masing–masing sesuai dengan talenta yang sudah diberikan oleh Tuhan. Kami berharap melalui tahapan ini, setiap pengurus OSIS dapat menjadi teladan bagi murid – murid yang lain di dalam sekolah dan kiranya Roh Kudus memimpin serta memberikan hikmat kepada setiap murid-murid kami ini untuk senantiasa menjadi penatalayan yang baik.




bottom of page