Pekan Nusantara 2022 - SDH Bogor
top of page

Pekan Nusantara 2022 - SDH Bogor

Updated: Nov 21, 2022

SDH Bogor menjadi salah satu sekolah di Bogor yang merayakan Bulan Bahasa dengan acara Pekan Nusantara. Tema tahun ini adalah Menaruh Asa, Menggapai Cita untuk Indonesia. Acara berlangsung selama satu pekan dengan beragam kegiatan dari kelas TK-SMA.



Selain bertujuan untuk memperkenalkan keunikan dan ciri khas dari kebudayaan di Indonesia, acara ini diharapkan dapat membangkitkan rasa menghargai dan cinta murid-murid SDH Bogor akan keberagaman dan keunikan Indonesia melalui kegiatan harian dan puncak yang beragam melalui kegiatan devosi, menonton cerita rakyat, mempelajari lagu daerah dan berbagai tradisi lainnya seperti makanan khas daerah, rumah adat, tarian, musik, dan lainnya; memberikan pengalaman baru bagi setiap murid dalam mengenal budaya Indonesia dengan kegiatan buddy reading dengan melibatkan siswa kelas Senior untuk dapat membacakan buku dan menyampaikan cerita kepada siswa kelas Junior dengan berkunjung ke kelas TK yang dilakukan oleh siswa SD untuk memperkenalkan lagu daerah yang telah mereka pelajari; serta belajar untuk berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam setiap rangkaian kegiatan tersebut.


Selain melalui proses pembelajaran, siswa juga menghasilkan karya melalui proyek kerja yang telah dilakukan seperti mozaik, boneka wayang, serta penampilan teater nusantara.



Kami bersukacita untuk setiap siswa yang dapat mengalami pembelajaran budaya melalui aktivitas ini. Selain dapat mempersiapkan diri untuk pandangan atau wawasan global yang harus dimiliki oleh generasi muda saat ini, mereka dapat dibekali rasa cinta tanah air terlebih dahulu sehingga budaya Indonesia tidak akan pudar atau dilupakan.


Related Posts

See All
bottom of page