top of page

Kunjungan ke Sekolah-Sekolah SDH, Lipscomb University perkenalkan dunia perkuliahan pada murid SMA



Lipscomb University yang diwakili oleh Ms Kendra Oregon Guttierez (Assistant Director of International Admission) melakukan kunjungan ke Sekolah Dian Harapan yang ada di Jabodetabek; SDH Lippo Village, SDH Cikarang, SDH Bogor, SDH Daan Mogot pada bulan Januari 2023. Kunjungan dilakukan dengan tujuan untuk memberikan presentasi dengan topik “Christian Education at Lipscomb University”. Presentasi ini dihadiri oleh siswa-siswi kelas 10 sampai 12, guru dan orang tua murid SDH.


Universitas Lipscomb adalah lembaga seni liberal Kristen swasta di Nashville, Tennessee. Kampus ini terletak di kawasan Green Hills di Nashville, antara Belmont Boulevard di sebelah barat dan Granny White Pike di sebelah timur. Berlabuh pada visi yang berpusat pada Kristus, Universitas Lipscomb akan memimpin sebagai institusi tingkat atas yang diakui secara nasional. Serta menjadi unggul dalam pengajaran, pembelajaran dan penelitian; berambisi dalam melayani orang lain; dan didorong oleh perbaikan terus-menerus. Universitas Lipscomb digerakkan oleh misi, untuk menjadi komunitas yang berpusat pada Kristus mempersiapkan pelajar untuk kehidupan yang bertujuan melalui akademisi yang tepat dan pengalaman transformatif. Universitas ini bertumbuh berlandaskan nilai-nilai kristiani yakni mencintai Tuhan, melayani sesama, menghormati orang lain, menciptakan solusi, dan sebagainya. Selain itu, Universitas Lipscomb dikenal memiliki kualitas pengajaran dan riset yang sangat baik, serta memiliki kerinduan untuk berkontribusi kepada masyarakat. Saat ini, lebih dari 4,800 mahasiswa berkuliah di Universitas Lipscomb, yang dibimbing di bawah naungan 300 tenaga didik. Dosen yang mengajar mengetahui muka dari masing-masing mahasiswa, dikarenakan memiliki kelas yang kecil memudahkan orang-orang untuk saling mengenal satu sama lain. Sedangkan populasi yang berada pada Universitas Lipscomb terdiri dari 69% perempuan dan 39% laki-laki. Mahasiswa yang datang ke universitas ini berasal dari 50 negara bagian dan memiliki perwakilan dari 45 negara yakni US, Korea Selatan, Ecuador, Indonesia, Eropa, Ukraine, dll.



Kunjungan Lipscomb University ke SDH Lippo Village

Di universitas ini, pelajar dapat memilih bidang yang ingin ditekuni dari sekitar 200 jurusan yang berbeda. 5 jurusan yang paling populer di Lipscomb antara lain adalah teknik, bisnis, kesehatan, seni, dan pendidikan. Bagi yang tertarik mencemplungkan diri ke bisnis, universitas ini memberikan peluang yang amat besar. Karena Nashiville yang dijuluki sebagai ‘Kota Musik’ juga merupakan wilayah yang dipenuhi oleh 50.000 usaha besar dan beragam. Keberadaan perusahaan seperti Amazon, iHeartMedia, Mitsubishi Motors, dll dapat menjadi kesempatan yang baik bagi para lulusan untuk memperluas jaringan, bekerja di perusahaan impian, maupun menciptakan usaha impian mereka sendiri. Pada bidang seni, Lipscomb menyediakan classical contemporary sampai animation program, dimana tokoh Mushu di Mulan diciptakan oleh alumni kampus ini. Bagi mahasiswa yang ingin melakukan internship, Ted Talk bisa menjadi wadah untuk mengembangkan diri dan membagikan ide-ide baru kepada dunia. Sedangkan pada bidang kesehatan, potensi lapangan pekerjaan disana tak perlu diragukan lagi, karena Nashville mempunyai berbagai rumah sakit berkualitas seperti HCA Healthcare, Community Health Systems, Surgery partners, dan sebagainya.


Berbeda dengan kampus lainnya, Universitas Lipscomb berpusat pada nilai-nilai spiritual dan pertumbuhan iman kepada Kristus. Hal ini diterapkan pada Chapel Experience The Gathering dan Breakout Chapels. The Gathering adalah ibadah yang terbuka bagi semua orang untuk memuji dan menyembah nama Tuhan setiap hari Selasa. Sedangkan Breakout Chapels merupakan ibadah yang bersifat lebih internal dalam lingkup fakultas sendiri. Setiap hari Kamis, para mahasiswa mengikuti Breakout Chapels dan memperdalam pengenalan mereka akan Tuhan. Selanjutnya, Universitas Lipscomb juga memiliki kegiatan Community Service & Missions yang dibagi menjadi Serving and Learning Together (SALT) program, dan Missions Trips. Bagi mahasiswa yang tergerak untuk membantu orang yang berkekurangan, Community Service & Missions merupakan sarana untuk menjadi berkat bagi orang lain. Sebagai universitas Kristen, Lipscomb menyediakan Bible Classes atau kelas pendalaman Alkitab bagi para mahasiswa. Tiga topik yang wajib diambil adalah kisah tentang Yesus, gereja, dan Israel. Lipscomb menjadi tempat yang aman untuk berdiskusi mengenai Alkitab dan pertanyaan seputar kekristenan. Hal tersebut dilakukan pada kegiatan Office of Vocation and Spiritual Formation, menjadikan Lipscomb Mentoring Network dan Center for Vocational Discovery sebagai tempat untuk saling berbagi dan menguatkan iman.


Salah satu nilai tambah yang dimiliki oleh Universitas Lipscomb adalah keamanan dan kesejahteraan mahasiswa yang terjamin. Lipscomb dinominasi menjadi #1 universitas paling aman di Nasville Tengah oleh FBI dan Niche. Universitas ini memandang keamanan sangatlah penting, terlebih bagi mahasiswa yang datang dari luar negeri dan berada jauh dari rumah. Dengan Office of Safety and Security monitor yang memantau keamanan para mahasiswa dan kampus selama 24 jam, Lipscomb juga menyediakan layanan bernama Bison Walk Safety Escort. Seperti misalnya, ada seorang mahasiswa yang pergi ke perpustakaan atau mengambil kelas malam, ia bisa meminta security untuk mengantarkannya kembali ke dorm. Layanan ini tersedia selama 24 jam setiap hari pada lokasi di dalam kampus. Kemudian, Lipscomb menyiapkan Digital Emergency Alert System dimana mahasiswa akan diinformasikan jika terjadi cuaca buruk atau keadaan darurat yang mengancam jiwa.


Kunjungan Lipscomb University ke SDH Bogor

Berkuliah di Universitas Lipscomb dapat menciptakan koneksi yang luas dalam berbagai area. Pertama adalah dalam bidang sosial yakni Student Activities Board, Student Government Association, Greek Life, Office of Intercultural Development dan Campus Recreation. Pada Students Activities Board, para mahasiswa diizinkan untuk berkreasi dalam membuat aktivitas sendiri seperti Skating Rink Event. Kemudian Student Council Government adalah seperti Students Council atau OSIS di sekolah untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan dan berorganisasi. Lipscomb menyediakan fasilitas bagi yang ingin mencoba rock climbing, kayak, dll. Kemudian ada sebuah perayaan dimana para mahasiswa memperkenalkan budaya mereka masing-masing dan di selebrasikan bersama. Berlanjut pada bidang akademik, ada departmental and professional organizations, yakni acara dimana universitas mengundang narasumber yang sudah profesional di bidangnya untuk membagikan pengalamannya. Kegiatan tersebut bagus untuk membangun jaringan, mendapatkan internship, serta peluang kerja. Selanjutnya ada Honors College, dengan jumlah peserta yang dibatasi pada kriteria tertentu seperti nilai. Kemudian, kegiatan terakhir yang bisa diikuti mahasiswa pada area akademik adalah media groups. Bidang selanjutnya adalah spiritual yang terdiri dari service clubs, Office of Vocation & Spiritual Formation, Lipscomb Mentoring Network, retreats dan program lainnya. Lipscomb menyadari bahwa perjalanan dari tingkat SMA ke perguruan tinggi adalah hal yang menantang, sehingga mereka menyediakan mentor untuk membantu para mahasiswa yang masih baru akan dunia perkuliahan. Universitas Lipscomb memiliki mission program dimana setengah dari para mahasiswa ikut berpartisipasi bersama fakultas dan staff. Lipscomb menarik perhatian global untuk kuliah di luar negeri, dengan memilih periode 1-4 semester atau periode pendek yang berdurasi 1-7 semester.


Kunjungan Lipscomb University ke SDH Cikarang

Lipscomb menyediakan student support di kampus yang mencakup 6 bidang berbeda. Pertama adalah Counseling Center, yang dilayani oleh konselor berlisensi dan terapis keluarga. Kedua adalah Health Center, yang akan ditangani oleh praktisi disana jika seorang mahasiswa merasa sakit. Kemudian ada Academic Sucsessor Center, kalau mahasiswa ingin mengecek esai contohnya, mereka akan dibantu oleh tutor atau kakak tingkat. Ada juga career development center jika mahasiswa ingin melakukan job interview, akan ada simulasi seperti latihan membuat resume dan interview. Selanjutnya adalah Bison One stop jika ada yang mau ditanyakan terkait pembayaran, pendaftaran, keamanan, dll. Selain itu, Lipscomb menyediakan Vecational and Spiritual Experience untuk bertanya mengenai hal-hal spiritual. Segala fasilitas yang disediakan sudah termasuk dalam biaya kuliah, sehingga bisa digunakan dengan sebaik- baiknya.


Selama Universitas Lipscomb berdiri, kampus ini telah dinominasi dengan berbagai penghargaan seperti #1 Undegraduate Business Program in Tenessee (Poets & Quants), Best Southeastern Colleges (The Princeton Review, 2023), Best Value Colleges in America (Niche, 2023), #1 Information Technology Degree in Tennessee (College Choice), #1 Animation Program in Tennessee (Animation Career Review, 2022), National Top 1% Teacher Preparation Program (The National Council on Teacher Quality), dan masih banyak lagi. Lipscomb juga berhasil masuk ke-17 besar pada liga NCAA divisi tim. Pencapaian lainnya yang luar biasa adalah, 95% dari siswa Lipscomb langsung mendapatkan pekerjaan atau sekolah pascasarjana dalam kurun waktu enam bulan setelah lulus. Kini para alumni bekerja pada perusahaan dan lembaga besar seperti HCA, New York Times, The White House, CIA, Boeing, dll. Bagi lulusan yang melanjutkan studi, mereka diterima pada kampus-kampus ternama seperti Harvard, Princeton, Brown, University of Pennsylvania, Notre Dame, dan masih banyak lagi.

Proses pendaftaran ke Universitas Lipscomb untuk Fresmen students (mahasiswa baru) adalah melalui Lipscomb App atau Common App. Hal-hal yang perlu disiapkan adalah formulir evaluasi akademik, rapot, dan nilai ujian akhir. Bagi Transfer students (mahasiswa pindahan) tidak dikenakan biaya pendaftaran, dan perlu mencantumkan semua transkrip dari universitas/kampus sebelumnya. Jika calon mahasiswa pindahan memiliki kurang dari 60 SKS, maka diwajibkan untuk melampirkan rapot atau nilai GED, ACT, SAT, atau CLT.


Kendra Gutierrez mewakili Lipscomb University kunjungan ke SDH Daan Mogot

Proses pendaftaran ke Universitas Lipscomb untuk Fresmen students (mahasiswa baru) adalah melalui Lipscomb App atau Common App. Hal-hal yang perlu disiapkan adalah formulir evaluasi akademik, rapot, dan nilai ujian akhir. Bagi Transfer students (mahasiswa pindahan) tidak dikenakan biaya pendaftaran, dan perlu mencantumkan semua transkrip dari universitas/kampus sebelumnya. Jika calon mahasiswa pindahan memiliki kurang dari 60 SKS, maka diwajibkan untuk melampirkan rapot atau nilai GED, ACT, SAT, atau CLT.


Berikut adalah tanggal penting Lipscomb yakni, pendaftarannya dimulai pada 1 Agustus, FAFSA dibuka setiap tanggal 1 October, Financial Aid Priority Deadline 1 berada pada 1 Desember. Kemudian Financial Aid Priority Deadline 2 diadakan pada 1 Maret, dan National Decision Day pada tanggal 1 Mei.


Uang kuliah di Lipscomb dapat dibayar oleh calon mahasiswa dengan total harga

$53,626 pada tahun 2023-2024. Hal tersebut sudah mencakup tuition & fees yakni $38,824, serta room & board seharga $14,802. Mahasiswa dapat mendaftar Financial Aid, yakni FAFSA pada fafsa.ed.gov untuk mendapatkan $27k average financial aid package. 99% dari mahasiswa menerima financial aid. Kesempataan pendanaan lainnya bisa didapatkan dari Merit-Based Scholarships, Major-Specific Scholarships, Trustee Scholarship, dan FAFSA. Untuk daftar lengkap penawaran beasiswa, kunjungi https://www.lipscomb.edu/admissions/freshmen- admissions/types-aid/scholarships


Sumber pendanaan financial Aid bisa didapatkan melalui Nelnet Payment Plan (3, 4, atau 5 bulan per semester). Opsi lainnya adalah dari Federal Loans — Stafford and Direct Parent PLUS, dan Residual ACT yang ditawarkan di kampus beberapa kali sebulan. Untuk informasi tambahan, kunjungi https://www.lipscomb.edu/admissions/financial-aid


Lipscomb memiliki kegiatan Summer Scholars yang akan diselenggarakan pada 7-15 Juli mendatang. Dengan 9 hari program residensial akademik, mengeksplorasi Nashville, dan mendapatkan kursus perguruan tinggi gratis. Jika anda tertarik, segeralah daftar ke Lipscomb University!



Penulis : Rae Leonora Nathania Wijaya, Kelas 11 SDH Cikarang

Editor: Sekolah Dian Harapan


Commenti


bottom of page