Pekan Buku 2023 SDH Manado: Menjadi Duta Kristus lewat Literasi
top of page

Pekan Buku 2023 SDH Manado: Menjadi Duta Kristus lewat Literasi


Pekan Buku 2023 SDH Manado dengan tema "Menjadi Duta Kristus lewat Literasi"

Kegiatan pekan buku merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh Sekolah Dian Harapan Manado untuk menumbuhkan minat warga sekolah dalam hal membaca dan menulis. Tahun ini, kegiatan pekan buku SDH Manado mengangkat tema "LITERATION: Lightening The Eagerness of Reading in Your Generation". Melalui kegiatan pekan buku tahun ini, seluruh warga sekolah diajak dan didorong tidak hanya menumbuhkan minat membaca dan menulis bagi diri sendiri, namun juga mengajak orang lain dalam menumbuhkan minat dalam bidang literasi. Kegiatan pekan buku dilaksanakan selama 2 pekan, yaitu pada tanggal 13-24 Februari 2023.


Kegiatan pekan buku tahun ini mengangkat sebuah kisah keteladanan seorang anak bernama Burlian dari buku berjuduk "Si Anak Spesial" karya Tere Liye. Buku tersebut mengisahkan keteladanan Burlian dalam membangun relasi yang baik dan sehat dengan teman-temannya. Buku ini juga menunjukkan semangat Burlian dalam mengajak teman-temannya untuk kembali bersekolah meskipun terlilit masalah ekonomi. Dalam kegiatan dua pekan, peserta didik melakukan kegiatan Reading Buddy, SSR, Read Aloud, menulis cerita inspiratif untuk jenjang SMP, dan menulis anekdot untuk jenjang SMA. Kegiatan pekan buku juga diisi dengan bookfair dari berbagai penerbit dan peserta didik dapat mengunjungi serta membeli buku-buku yang dijual. Puncak kegiatan pekan buku diisi dengan Library Award, di mana peserta didik mendapatkan sosialiasi pemanfaatan perpustakaan oleh pustakawan sekolah. Ada juga kegiatan Sharing Buddy, di mana peserta didik saling membagikan hasil karya yang telah dibuat kepada orang lain.


Reading Buddy dan Sharing Buddy merupakan 2 kegiatan yang menjadi sorot utama pada tahun ini. Dalam kegiatan Reading Buddy, peserta didik jenjang SMP dan SMA akan membacakan sebuah cerita anak-anak untuk peserta didik jenjang TK dan SD. Hal ini bertujuan untuk melatih kemampuan berbicara peserta didik dan mendorong peserta didik dalam memberikan teladan membaca bagi adik kelasnya di jenjang TK dan SD. Kemudian, dalam kegiatan Sharing Buddy peserta didik jenjang SMP dan SMA saling membagikan hasil karyanya dalam kegiatan pekan buku. Peserta didik jenjang SMP membagikan hasil karya cerita inspiratif kepada peserta didik jenjang SMA. Sebaliknya, peserta didik jenjang SMA membagikan hasil karya anekdot kepada peserta didik jenjang SMP. Harapannya kegiatan ini dapat melatih kepercayaan diri peserta didik dalam membagikan hasil karyanya kepada orang lain serta menolong peserta didik melihat keteladanan literasi dalam diri peserta didik yang membagikan hasil karyanya.



Seluruh pelaksanaan kegiatan pekan buku dapat berjalan dengan baik dan lancar karena antusias dari warga sekolah dalam menyambut pekan buku tahun ini. Peserta didik juga merasakan dampak yang baik dari setiap kegiatan yang mereka lakukan. Misalnya dalam kegiatan Reading Buddy dan Sharing Buddy, peserta didik dapat mengenal peserta didik lainnya yang sebelumnya belum mereka kenal. Selain itu, peserta didik juga dapat melatih diri berbicara di depan umum dengan baik dan jelas.



bottom of page