top of page

RETREAT dan CLT 2023 - SDH Lippo Village


RETREAT dan CLT 2023 - SDH Lippo Village

Retreat Kelas 7


Retreat tahun ini bertujuan untuk mendapatkan kelegaan dan keheningan di dalam bersekutu dengan Tuhan. Para siswa diajak untuk merenungkan “siapa saya” sebagai duta Tuhan dalam rangkaian kisah penciptaan Tuhan. Mereka juga belajar melihat kembali rancangan Tuhan sebagai pria dan wanita untuk mengabarkan Injil kabar sukacita. "I am His Ambassador for Christ " menjadi tema Retreat dan ayat ini memberikan landasan yang tepat untuk menjadi duta Kristus dalam rangkaian penciptaan. 


1 Kor 6 : 19-20
“Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

Retreat Kelas 10


Tuhan memberikan kemampuan yang berbeda-beda kepada setiap individu untuk dikembangkan, sesuai dengan panggilan (calling) yang telah Tuhan berikan. Tema “My Calling: Life As an Ambassadors for Christ” didasarkan pada 1 Korintus 9 : 24 – 26a, “Tidak tahukah kamu, bahwa dalam gelanggang pertandingan semua peserta turut berlari, tetapi bahwa hanya satu orang saja yang mendapat hadiah 1? Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan”. Tema kegiatan ini berpusat pada para siswa untuk mengenal diri sendiri sebagai gambar dan rupa Allah, serta membangkitkan kepekaan untuk menghormati dan menghargai sesama ciptaan.


Melalui tema ini, para siswa didorong untuk menekuni dan mengenali panggilan mereka. Lebih jauh lagi, para siswa diharapkan untuk bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan Tuhan, serta mengalami pertumbuhan akan pengenalan Allah dan meningkatkan kepekaan-nya terhadap sesama. 



Kelas 8 Christian Leadership Training (CLT)


Krisis kepemimpinan semakin dirasakan di berbagai sektor kehidupan. Meningkatnya keacuhan dan apatisme remaja memperparah masalah tersebut. Kebiasaan individualistik akibat pandemi membuat para siswa semakin fokus kepada dunia mereka masing-masing. Realitas dan cara pandang siswa menjadi melenceng dan mereka mempercayai cara pandang mereka masing-masing. Dari kegiatan ini diharapkan dapat memunculkan dan mengembangkan kemampuan siswa untuk menjadi pemimpin-pemimpin muda  sesuai dengan Firman Tuhan.



Tema “Be the Ambassadors of Christ –The Pilgrimage" diambil dari poin-poin yang diangkat di lagu “Whither, Pilgrims, Where are you going?” atau lagu berbahasa Indonesia “Hai Musafir, mau ke mana?” sehingga sesi yang ada adalah : The Voyage yang mengangkat bahwa hidup ini bukanlah perjalanan liburan, tetapi harus ada tujuan yaitu menjadi saksi Tuhan; The Companionship yang mengangkat bahwa umat Tuhan tidak berjalan sendiri sehingga kita tidak perlu takut ketika kita melakukan outbound (group) dengan menggabungkan tenaga dalam kesatuan, tidak individualistis, melainkan berkolaborasi dan saling mendukung; The Destination yang mengangkat bahwa di garis akhir, ada hal yang melebihi segala sesuatu yang bisa kita dapatkan di dunia ini.  


bottom of page