top of page

Tingkatkan Pembelajaran Gigi Murid Kelas 5 Melalui Praktik Langsung dengan Drg. Maria Ika Pratiwi


Antusiasme Murid Kelas 5 dalam Praktik Membersihkan Gigi

Mulut dan gigi adalah salah satu organ yang penting dalam sistem organ pencernaan. Hal ini karena mulut adalah jalan masuk bagi makanan dan tempat pertama makanan dicerna secara kimiawi dan mekanik. Oleh karena itu, penting sekali untuk membersihkan organ mulut dan gigi agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik.


Agar murid memahami konsep tersebut, pada 7 September 2023 lalu di Auditorium SDH Bogor, guru kelas 5 SD Dian Harapan Bogor bekerja sama dengan salah satu orang tua murid yaitu Drg. Maria Ika Pratiwi. Beliau memberikan seminar mengenai kesehatan gigi dan gusi dan cara membersihkan gigi yang benar. Murid sangat antusias dalam menyambut seminar ini, hal ini terlihat dari semangat mereka dalam mencatat hal-hal penting yang dijelaskan dan mengajukan pertanyaan yang kritis dan esensial. Antusias ini juga terlihat saat murid kelas 5 bersama-sama mempraktikkan cara membersihkan gigi yang benar sesuai dengan arahan Dokter gigi. Pembelajaran menjadi sangat kontekstual karena murid diizinkan mempraktikkan langsung apa yang baru saja mereka pelajari.



Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, murid diharapkan mampu menjaga kebersihan mulut dan giginya melalui membersihkan gigi sebanyak 2 kali dalam sehari. Organ pencernaan yang sehat akan membantu murid-murid terhindar dari gangguan pencernaan pada mulut dan gigi seperti gigi berlubang.

0 comments
bottom of page